Selasa, 19 Maret 24

Breaking News
  • No items

Golkar Resmi Dukung Ahok

Golkar Resmi Dukung Ahok
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan wagub DKI Djarot Saiful Hidayat.

Jakarta, Obsessionnews.com Partai Golkar membuktikan janjinya mendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok maju di Pilkada DKI 2017. Secara resmi dukungan Golkar tersebut dibacakan oleh Ketua DPP Golkar yang juga Plt Ketua DPD Golkar DKI Yorrys Raweyai. dalam konferensi pers di Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika, Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Yorrys berbicara ditemani Ketua DPP Golkar Agun Gunandjar, Freddy Latumahina, dan anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Golkar Ramli Muhammad.

“Maka disepakati bahwa Golkar mendukung saudara Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai calon gubernur DKI 2017 yang akan datang,” ujar Yorrys dalam kesempatan itu.

Golkar merupakan partai politik (parpol) ketiga yang mendukung Ahok. Sebelumnya Ahok mendapat dukungan dari Nasdem dan Hanura.

Kendati mendapat dukungan dari parpol, Ahok di berbagai kesempatan menyatakan konsisten maju melalui jalur independen atau perseorangan.

Ahok tidak menjadi kader parpol apapun setelah mengundurkan diri dari Partai Gerindra tahun 2014. Ia memutuskan maju di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. Ia memilih Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI, Heru Budi Hartono, sebagai wakilnya. Duet Ahok-Heru yang diusung relawan Teman Ahok dideklarasikan pada Senin (7/3) lalu.

Untuk maju lewat jalur independen Ahok-Heru membutuhkan dukungan sejuta KTP. Penggalangan KTP dilakukan sejak Jumat (11/3). Data yang dirilis Teman Ahok  Selasa (14/6) menyebutkan hingga Senin (13/6) telah terkumpul  981.245  KTP atau 98,2%.  Tinggal dicari 18.755 KTP  lagi atau 1,8% untuk mencapai target sejuta.

Perolehan KTP tersebut  melampaui persyaratan minimum dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan calon independen di Pilkada DKI 2017 didukung minimum 532.000 KTP. Meskipun demikian Teman Ahok tetap bekerja mengumpulkan sejuta KTP sesuai target awal. Alasannya apabila ada KTP yang diverifikasi KPUD DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih ada stok.

Popularitas Ahok semakin melejit. Berbagai hasil survei yang dilakukan lembaga survei menempatkan Ahok merupakan calon gubernur pada Pilkada DKI 2017 yang paling populer. Juga hasil survei itu menyebutkan tingkat elektabilitasnya paling tinggi.

Sepak terjang Ahok juga mendapat perhatian dari Harian The New York Times. Dalam edisi 5 Juni 2016 harian ini mengulas sosok Ahok. Harian dengan oplah nomor dua terbesar di Amerika Serikat (AS) itu menilai Ahok sebagai sosok yang menggoncang sistem perpolitikan Indonesia yang dikendalikan oleh kaum elite partai.

Sejak menjabat November 2014, The New York Times menyebut Ahok tidak menunggu lama untuk ‘menyikat’ birokrat yang tidak kompeten dan memberantas korupsi yang merajalela.

New York Times kemudian mengutip Charlotte Setijadi, periset di program Ilmu Indonesia di Institut Studi Asia Tenggara-Yusof Ishak yang berbasis di Singapura. Charlotte mengatakan, “Basuki (Ahok) menampilkan dirinya sebagai sosok alternatif melawan sistem politik yang memuakkan banyak rakyat Indonesia.”

“Keberaniannya itu akan menolong dia meraup suara pada Pilkada  DKI,” kata Charlotte. (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Teman Ahok Optimis Sejuta KTP Terealisir Bulan Ini

Duh! Lulung Heran Golkar Dukung Ahok

Dukung Ahok, Yorrys Dikritik Golkar DKI

Semakin Populer, Ahok Hanya Butuh 2,8% KTP Lagi

UU Pilkada Rampok Hak Politik Pemilih Pemula

Guntur Soekarno Nilai Teman Ahok Militan

Pendiri Teman Ahok Bantah Anak Politisi PDI-P

Amalia Difitnah Bukan Pemeluk Islam

Waspadai KPUD yang Berpotensi Gagalkan Calon Independen

UU Pilkada Ganjal Ahok-Heru

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.