Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Wajib Gunakan Rupiah Bantu Kuatkan Rupiah

Wajib Gunakan Rupiah  Bantu Kuatkan Rupiah

Jakarta, Obsessionnews – Terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, salah satu cara mengatasinya dengan mewajibkan penggunaan rupiah di tanah air. Apalagi, telah berlakunya Undang-Undang nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang. Baca juga: Pelemahan Rupiah Adalah “Wake Up Call”

“Dalam Undang-Undang tersebut, transaksi di dalam negeri diharamkan menggunakan mata uang asing terutama milik Paman Sam. Meski sudah ditegaskan, rupanya masih saja ada yang lebih memilih gunakan dollar AS ketimbang Rupiah pada transaksi perdagangan di dalam negeri. Misalnya sektor properti, pariwisata serta aktivitas di pelabuhan,” ujar Wahyu Perdana Santosa, direktur riset keuangan Capital Price kepada Obsessionnews.com melalui sambungan telepon, Rabu (5/5/2015).
“Ini soal penegakkan peraturan. Bagus bikinnya tapi tidak diimbangi dengan pelaksanaannya. Harusnya aparat penegak hukum melakukan razia dan mengambil tindakan,” tegas Wahyu.

Menurut Wahyu, antara pembuat kebijakan dengan penegak hukum masih jalan sendiri-sendiri. Tidak ada koordinasi yang baik, makanya Undang-Undang tersebut belum bisa berjalan dengan baik.(MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.