Jumat, 25 Oktober 24

USAID Kemitraan untuk Inovasi Digital

USAID Kemitraan untuk Inovasi Digital
* Chief of Party USAID BEACON John Garrity

Obsessionnews.com – USAID (United States Agency for International Development) menjadi salah satu peserta di gelaran TIP ON 2024. Dalam konteks penyelenggaraan TIP ON 2024, kehadiran USAID menjadi sangat signifikan. Sebagai lembaga yang fokus pada inovasi dan pengembangan, USAID memiliki visi yang sejalan dengan tujuan utama TIP ON, yaitu mendorong pertumbuhan ekosistem startup dan inovasi digital di Indonesia.

 

 

Seperti diketahui, USAID merupakan lembaga pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas pemberian bantuan pembangunan dan kemanusiaan di seluruh dunia. USAID sendiri sudah bekerja sama dengan beberapa negara mitra untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan stabilitas politik, serta memperbaiki kualitas hidup Masyarakat

 

Salah satu program USAID yang berjalan dengan kolaborasi dengan TIP CL Telkom University adalah kegiatan USAID-BEACON (Better Access and Connectivity) yang diselenggarakan di Filipina dan dipimpin John Garrity dengan kolaborasi bersama pemerintahan FIlipina dan TIP Member termasuk TIP CL Telkom University.

 

Dikutip dari E-Mag Men’s Obsession Edisi 256 Chief of Party USAID BEACON John Garrity mengatakan, tujuan USAID-BEACON adalah membantu meningkatkan infrastruktur TIK dan logistik Filipina; memperkuat lingkungan peraturan, bisnis, dan inovasi serta meningkatkan keamanan siber. Untuk membantu menjembatani kesenjangan digital di Filipina, BEACON akan membantu pemerintah dalam upaya otomasi dan digitalisasi, serta mendukung jaringan komunitas untuk memperluas akses internet berbiaya rendah bagi komunitas yang kurang terlayani.

 

BEACON mendukung strategi nasional Filipina dan tujuan pemerintah AS untuk memajukan kawasan IndoPasifik yang bebas dan terbuka melalui peningkatan konektivitas digital di Indonesia maupun negara lain.

 

Pada tanggal 5 Juni 2024, USAID mengumumkan kemajuan signifikan dalam inisiatif Open Radio Access Network (Open RAN) di Filipina. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat infrastruktur jaringan telekomunikasi di negara tersebut dengan mendirikan laboratorium Open RAN pertama di Universitas Filipina, Diliman.

 

 

Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan, mendorong inovasi dan persaingan, menurunkan biaya, serta memfasilitasi penerapan teknologi 5G. Inisiatif Open RAN USAID di Filipina merupakan langkah penting dalam transformasi digital negara tersebut.

 

Selain itu, dalam upaya memenuhi tujuan tersebut, pada tahun 2022, USAID berkolaborasi dengan TIP CL  TELU dalam membangun Asia Open RAN Academy (AORA) dan memberikan pelatihan mengenai Open RAN kepada pemerintah, industri, dan university yang ada di Filipina hingga membentuk modul dan ecosystem Open RAN di sana. Melalui partisipasinya dalam TIP ON 2024, USAID menunjukkan komitmen terhadap pengembangan ekonomi digital di dunia termasuk kawasan Asia Pasifik. Dengan turut serta dan memfasilitasi kolaborasi dalam ekosistem inovasi untuk mendukung mendukung kegiatan yang inovatif dan memberikan dampak positif bagi perkembangan digital di dunia. (Riyan/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.