Selasa, 22 Oktober 24

Teguh Setyabudi, Sang Birokrat Tulen

Teguh Setyabudi, Sang Birokrat Tulen
* Dirjen Dukcapil dan Pj Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi. (Sutanto/Men's Obsession)

Obsessionnews.com – Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Teguh Setyabudi yang dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI pada Jumat (18/10) merupakan birokrat tulen. Teguh sebelumnya pernah menjadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kalimantan Utara (Kaltara). Hal ini membuktikan Teguh merupakan ahli pemerintahan.

“Saya juga sempat mengemban amanah sebagai Pj Gubernur di Sulawesi Tenggara pada 2018 dan Pjs Gubernur Kalimantan Utara di 2020,” kata Teguh ketika ditemui Tim Men’s Obsession di Kantor Dukcapil, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Teguh Setyabudi Mampu Bawa DKI Jakarta Menuju Masa Depan yang Gemilang

Teguh kelahiran Banyumas pada 8 Maret 1967, menapaki karier sebagai abdi negara dengan menjabat Kepala Biro Umum Kemendagri (2010-2014). Kariernya menanjak dengan menjabat Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus Ditjen Otda (2014-2016).

Lahir dari orang tua yang berprofesi guru, sedari kecil Teguh sudah ditanamkan rasa tanggung jawab tinggi. Selama sekolah, jebolan UGM, Yogyakarta, memiliki prestasi akademis.

Baca juga: Jokowi Angkat Teguh Setyabudi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta

Prestasi tersebut melekat hingga Teguh menyandang status sebagai birokrat. Dia mengakui perjalanan kariernya dinamis, lengkap dengan segala tantangan yang berhasil dilewati.

“Saya diberi tanggung jawab sebagai Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah pada 2022 hingga 2023, sebelum akhirnya, sejak 2023 sampai sekarang, saya diberi kepercayaan menjadi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” kata Teguh.

“Jadi, perjalanan karier saya cukup dinamis ya, dengan berbagai pengalaman di bidang pemerintahan,” tambahnya.

Baca juga: Mendagri Tak Ragukan Kemampuan Teguh Setyabudi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta

Kepiawaian Teguh dalam urusan kepemerintahan turut dibuktikan dengan merancang cetak biru (blueprint) pembangunan daerah, menyusun fondasi bagi pertumbuhan dan kemajuan berbagai wilayah di Indonesia.

Sedangkan perannya sebagai Direktur Otonomi Khusus di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, bagaikan seorang penyeimbang, menjaga harmoni antara kepentingan pusat dan daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Keahliannya dalam menata tatanan pemerintahan yang rumit ibarat seorang arsitek yang mampu merangkai berbagai elemen menjadi sebuah bangunan kokoh. Peranannya sebagai Pj Gubernur juga menambah pengalaman dalam urusan mengelola daerah, ekomomi, dan layanan publik.

Di bawah kepemimpinannya, Dukcapil telah membuat langkah-langkah signifikan dalam meningkatkan akurasi, aksesibilitas, dan efisiensi data kependudukan. Simak selengkapnya wawancara eksklusif Teguh dalam e-Magz Men’s Obsession terbaru di sini. ( Riyandy Aristyo/MO/Erwin)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.