Jumat, 20 September 24

Rahmat Bagja Berharap Tidak Ada Gelombang Susulan dalam Tahapan Pilkada 2024

Rahmat Bagja Berharap Tidak Ada Gelombang Susulan dalam Tahapan Pilkada 2024
* Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia Rahmat Bagja. (Foto: Kapoy/obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia Rahmat Bagja mengungkapkan harapannya agar tidak terjadi gelombang susulan atau kendala dalam tahapan Pilkada 2024 yang akan datang.

Hal ini disampaikan Bagja dalam rangka memastikan kelancaran proses pemilu, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, sehingga dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Semoga pemilihan kepala daerah yang sekarang tidak ada gelombang, tidak ada gelombang 1, 2, 3, 4 yang dilaksanakan pada saat bersamaan,” kata Bagja di Ecovention Center, Jakarta Utara, Selasa (17/9/2024).

Bagja menekankan pentingnya kerja sama antara semua pihak terkait, termasuk penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, serta masyarakat, untuk menjaga agar setiap tahapan pemilu berjalan tanpa hambatan yang berarti. Ia juga menyoroti pentingnya pengawasan ketat agar setiap potensi masalah atau penundaan bisa diantisipasi sejak dini.

“Pemungutan suaranya diadakan pada tanggal 27 November tidak ada terkecualinya dapat kita lakukan dengan baik,” sambungnya.

Seperti diketahui, pada Pemilu 2024 lalu, proses pencoblosan dilakukan ulang di beberapa daerah.

Lembaga penyelenggara pemilu harus melakukan proses pemilihan ulang imbas Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Selain pemilihan ulang, MK memerintahkan untuk beberapa tempat juga melakukan penghitungan suara ulang.

“Saya kira (kepala daerah) mempunyai keinginan yang sama untuk menjaga seluruh penyelenggaraan pemilihan kepala daerah berlangsung dengan baik dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” pungkas Bagja. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.