Sabtu, 5 Oktober 24

Rahasia Aston Villa Taklukkan Bayern Munich yang Tak Terkalahkan Sejak 2017

Rahasia Aston Villa Taklukkan Bayern Munich yang Tak Terkalahkan Sejak 2017
* Unai Emery. (Instagram @unaiemery)

Obsessionnews.com – Klub Inggris Aston Villa FC secara mengejutkan telah mengalahkan Klub Jerman FC Bayern Munich dengan skor 1-0 di pertandingan kedua League Phase Liga Champions UEFA.

Aston Villa yang dipandang sebagai tim yang kurang diunggulkan pada laga ini dengan menakjubkan berhasil menghentikan rekor tak terkalahkan yang dijaga oleh Bayern Munich sejak tahun 2017.

Pada hakikatnya Bayern telah mendominasi jalannya seluruh pertandingan dengan terbukti mereka tercatat mengendalikan penguasaan bola hingga 70%. Namun hampir dari berbagai serangan tidak mampu membongkar pertahanan Villans.

Kemudian saat laga berjalan dalam 79 menit, Die Roten akhirnya keok setelah gawang Manuel Neuer kebobolan oleh tim Villa Park yang sukses memecah kebuntuan melalui gol yang dijebloskan oleh Jhon Durán.

Namun torehan gemilang di Liga Champions UEFA 2024/2025 yang sudah berhasil diraih Aston Villa tersebut tak terlepas dari strategi yang dibangun oleh ulah sang pelatih kepala Unai Emery.

Unai Emery menjelaskan bahwa ia memperhatikan pergerakan rutin yang kerap dilakukan Manuel Neuer setiap Bayern membangun serangan. Ia menargetkan kebiasaan Neuer yang bermain dengan tempo tinggi sebagai sumber peluang.

Selain itu Emery sudah mengetahui bahwa Jhon Durán akan melambungkan bola melewati Neuer yang tengah dalam posisi yang sulit untuk menjangkau dan benar terbukti Durán kemudian melakukannya untuk mencetak gol kemenangan.

Dilansir The Guardian, 3 Oktober 2024, pelatih berusia 52 tahun itu berkata, “Dalam analisis yang kami lakukan terhadap mereka [Bayern], kami menyadari, kami banyak berbicara tentang bagaimana posisi Neuer biasanya selalu tinggi. Saya tahu bagaimana dia [Durán] akan menembak karena dia memiliki kemungkinan ini dengan Neuer.”

Gol spektakuler Durán itu disebut-sebut mengulangi gol replika Aston Villa yang terjadi pada kemenangan di laga final Piala Eropa tahun 1982 atas Bayern Munich di Rotterdam.

Dalam hal menarik lainnya, Emery sebelumnya juga memiliki catatan apik saat menaklukan FC Hollywood di kompetisi liga Champions UEFA melalui dua tim yang berbeda saat menangani Paris Saint-Germain FC dan Villarreal CF.

Pelatih asal Spanyol itu meraih kemenangan atas Bayern dengan skor 3-0 bersama Paris Saint-Germain pada babak fase grup di musim 2017/2018. Dan ia juga berhasil membawa Villarreal meraih kemenangan 1-0 atas Bayern pada leg pertama babak perempat final dimusim 2021/2022. (Amir Sofyan Satria Putra)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.