Jumat, 18 Oktober 24

PT Akses Pelabuhan Indonesia Lakukan Tender Konstruksi NPEA

PT Akses Pelabuhan Indonesia Lakukan Tender Konstruksi NPEA
* PT Akses Pelabuhan Indonesia tengah melaksanakan Kerjasama Pendampingan Perencanaan dan Proses Tender pembangunan New Priok Eastern Access (NPEA). (Foto: Humas PT API)

Obsessionnews.com – PT Akses Pelabuhan Indonesia atau API merupakan Anak Perusahaan dari PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), subholding  PT Pelabuhan Indonesia (Persero), saat ini tengah melaksanakan Kerjasama Pendampingan Perencanaan dan Proses Tender dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) untuk Pembangunan New Priok Eastern Access (NPEA). 

Dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10/2024), dijelaskan bahwa pembangunan NPEA sendiri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, rencananya akan dibangun sepanjang ±6,6KM yang akan menghubungkan JTCC dengan Terminal Kalibaru sehingga dapat meningkatkan konektivitas antara pelabuhan Tanjung Priok dan Kawasan industri.

Pembangunan NPEA ini akan dilaksanakan dengan skema Design and Build/Rancang Bangun dan secera teknis terbagi menjadi 2 (dua) bagian atau seksi pekerjaan, yaitu Pembangunan NPEA Seksi I STA.0+00 (IC NPEA) – STA.2+777 (P38) dan Seksi II STA.2+777 (P38) – STA.6+625 (A2).

Gambaran umum pembangunan NPEA. (Foto: Humas PT API)

Baca juga: PT Akses Pelabuhan Indonesia Meriahkan HUT RI ke-79 dengan Lomba Penataan Lingkungan Pelindo

Saat ini Pembangunan Konstruksi NPEA sedang dalam proses Tender Konstruksi yang dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Pembangunannya meliputi 2 (dua) seksi dimana seksi I telah dilakukan pengumuman tender pada 17 September 2024, sedangkan seksi II telah dilaksanakan kegiatan Aanwijzing serta Site Visit pada 25 September 2024 yang dilaksanakan oleh Panitia Pengadaan, Peserta Tender, dan  Tim  PT API turut terlibat dalam pendampingan proses tender ini. 

Plt. Direktur Utama PT API, Juli Tarigan, menyampaikan bahwa dengan adanya Pembangunan Konstruksi NPEA ini diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh dari  Kawasan Industri di Cikarang, Cibitung, dan sekitarnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok sehingga memberikan kelancaran mobilitas kenderaan dan barang, pergerakan komuter, dan logistik serta dapat membantu mengurangi beban traffic sekitar ruas Tol Jakarta-Cikampek.(Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.