Jumat, 20 September 24

Prabowo Janji Tuntaskan Pembangunan IKN

Prabowo Janji Tuntaskan Pembangunan IKN
* Menhan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto bersama Presiden Jokowi. (Istimewa)

Obsessionnews.com – Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto menyatakan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini disampaikannya dalam Sidang Kabinet perdana yang dihelat di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (12/8).

“Saya tidak memberi pengarahan tapi saya memberi beberapa komentar, tadi sudah saya jelaskan beberapa kali bahwa IKN ini akan kita tuntaskan akan kita selesaikan dengan baik karena memang sangat dibutuhkan tadi Bapak Presiden (Jokowi) sampaikan soal pemerataan dan keinginan kita juga tentang daya dukung konsentrasi kegiatan,” kata Prabowo.

Baca juga: Prabowo, Presiden Terpilih Sekaligus Investor IKN

Selain itu, Prabowo juga menyoroti beberapa hal diantaranya pembangunan pusat pemerintahan Yudikatif, Eksekutif dan Legislatif yang menjadi prioritas.

“Ruang anggaran yang kita siapkan cukup besar. Intinya adalah Ibu Kota Negara adalah pusat pemerintahan Yudikatif, Eksekutif dan Legislatif. Berarti, Gedung DPR MPR RI menjadi prioritas dengan perumahan anggota DPR MPR dan ruangan kantornya, MA/MK juga sangat mendesak menurut saya,” jelas Prabowo.

Prabowo mengimbau kepada otoritas IKN untuk dapat segera membuat sayembara desain pembangunan Gedung DPR/MPR RI, Gedung MA, dan MK.

Baca juga: Bocoran Luhut: Prabowo Umumkan Kabinet 21 Oktober

“Jadi, kalau bisa mungkin otoritas sudah mulai membuat sayembara untuk desain yang bagus yang tidak bertentangan atau bertrabrakan dengan desain yang sudah ada,” tutur Ketum Gerindra.

“Kalau itu sudah selesai, sebetulnya secara substansi ibu kota pemerintah sudah bisa beroperasi di sini. Jadi kita tidak perlu tunggu yang lain-lain. Saya kira yang lain-lain itu akan menyusul,” lanjutnya.

Prabowo juga mengingatkan pentingnya mitigasi bencana terutama kebakaran mengingat konsep IKN adalah Forest City. Prabowo juga menambahkan dan menekankan perlunya teknologi canggih untuk pemantauan dan penambahan tim pemadam kebakaran di IKN.

“Bagaimanapun, saya dididik untuk selalu menghadapi kemungkinan yang paling jelek, berarti masalah hutan itu sangat besar, berarti kita harus siap untuk bencana bahaya kebakaran, kita harus siap dengan teknologi yang ada,” kata Prabowo. (Erwin)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.