Jumat, 3 Mei 24

PLUT KUMKM Diupayakan Hadir di Brebes pada 2018

PLUT KUMKM Diupayakan Hadir di Brebes pada 2018
* Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram.

Brebes, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM mendorong supaya Kabupaten Brebes memiliki Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Dengan adanya PLUT nanti diharapkan bisa semakin meningkatkan kinerja pelaku koperasi dan UMKM di daerah tersebut.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi dan anggarannya bisa disetujui DPR RI,” ujar Sekretaris Kemenkop UKM Agus Muharram dalam Forum Koordinasi dan Sosialisasi Program Strategis Bidang Restrukturisasi Usaha KUMKM di Brebes, Jateng, Selasa (2/5/2017).

“Dengan PLUT, pengembangan produk unggulan Kabupaten Brebes hingga bisa menembus pasar global secara e-commerce. Terlebih lagi, di dalam PLUT itu ada yang namanya Kampung UKM Digital hasil kerja sama dengan PT Telkom,” tambah Agus.

Acara ini juga dihadiri Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, Deputi Bidang Retrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati, serta para pejabat teras Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Brebes.

Dihadapan 300 peserta forum koordinasi ini, Agus mengungkapkan bahwa pihaknya terus menjalankan strategi ‘inovasi koordinasi’ dengan seluruh stakeholder di pusat dan daerah, dalam mengembangkan KUMKM.

“Misalnya, Kemenkop koordinasi dengan Kemendagri, Bupati, dan Camat, untuk menerbitkan ijin usaha mikro kecil atau IUMK. Kita juga berkoordinasi dengan Bank BRI dalam penyaluran KUR bagi pemegang kartu IUMK,” tukas dia.

Agus menjelaskan bahwa inovasi koordinasi harus dijalankan karena jangkauan program tidak bisa seluas kewenangan kementerian lain. Ia mengakui, banyak yang datang dari daerah ke kantor Kemenkop menanyakan perihal itu.

“Kewenangan Kemenkop hanya kategori tiga, sehingga tidak bisa optimal. Kita hanya bisa memberikan ijin untuk usaha simpan pinjam, ijin mendirikan dan membubarkan koperasi, serta pengawasan,” tandasnya.

Yuana Sutyowati menyatakan, tujuan dari forum koordinasi ini adalah untuk meningkatkan koordinasi antar berbagai kalangan baik pemerintah maupun masyarakat. Juga untuk memfasilitasi KUMKM agar dapat memudahkan akses permodalan.

Yuana menjelaskan Brebes dipilih sebagai tempat acara, karena wilayah kabupaten ini memiliki sumber daya penghasil khususnya di bidang agrobisnis.

“Antara lain, seperti UKM Bawang Merah yang telah mendapatkan penghargaan dari berbagai kalangan pembisnis maupun dunia usaha,” pungkas Yuana. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.