Selasa, 17 September 24

Peringatan Hari Anak Korban Perang Internasional

Peringatan Hari Anak Korban Perang Internasional
* Hari Anak Korban Perang Internasional (Foto: Istimewa)

Obsessionnews.com — Tanggal 4 Juni 2024 banyak orang belum mengetahui bahwa ada peringatan global yang mengundang banyak simpati. Hari peringatan itu dinamakan Hari Anak Korban Perang Sedunia.

Adanya hari ini bertujuan untuk membuat mata dunia terbuka akan rasa sakit yang diderita oleh anak-anak di seluruh dunia. Lebih tepatnya lagi anak-anak yang menjadi korban perang.

Merangkum berbagai sumber, peringatan Hari Anak Korban Perang Internasional berawal kejadian perang antara Israel dan Lebanon Selatan pada Juni 1982. Konflik kedua negara masih berlangsung hingga sekarang.

Dari kejadian itu banyak anak-anak Palestina dan Lebanon yang tidak bersalah yang menjadi korban tindakan agresi Israel. Hak anak yang dirampas ketika perang, membuat Menteri Pendidikan, dan Kebudayaan Mozambik Graca Michel melaporkan kepada Majelis Umum PBB.

Isi laporan tersebut mengenai perlindungan anak-anak dari segala eksploitasi dan kekerasan. Kemudian, terbentuklah kesepakatan antara negara-negara anggota terkait perlunya perhatian khusus dan advokasi.

Sekaligus, juga perlu upaya terkoordinasi oleh komunitas internasional dalam mengatasi kerentanan dan pelanggaran yang dialami anak saat situasi konflik. Hingga akhirnya, dalam rapat pleno darurat ke-31 oleh Majelis Umum pada 19 Agustus 1982 menindaklanjuti laporan itu.

Hasil rapat ini menetapkan 4 Juni sebagai peringatan Hari Anak Korban Perang. Pengambilan keputusan tersebut sesudah adanya pertimbangan masalah Palestina pada sidang. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.