Kamis, 19 September 24

Pemprov Kaltara Beri Pengetahuan Kelola Keuangan kepada Para Pelaku UMKM Nunukan

Pemprov Kaltara Beri Pengetahuan Kelola Keuangan kepada Para Pelaku UMKM Nunukan
* Ilustrasi puluhan pelaku UMKM Kabupaten Nunukan berfoto bersama usai pelaksanaan pelatihan UMKM yang diadakan Disperindagkop Provinsi Kaltara di Nunukan, Jumat (31/5/2024). (ANTARA/HO-Dokpim Nunukan)

Obsessionnews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) memberi pengetahuan kiat kelola keuangan kepada puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Nunukan agar meningkatkan peluang mereka berkembang dan mencapai kesuksesan.

Baca juga: Pelaku UMKM yang Didominasi Perempuan di Lebak, Sukses Naikkan Ekonomi Desa

“Kami percaya bahwa literasi keuangan dapat membantu para UMKM dalam mengelola keuangan usaha mereka dengan lebih baik,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disperindagkop Pemprov Kaltara, Margaretha di Nunukan, Sabtu (1/6/2024).

Pelatihan ini diikuti oleh 30 pelaku UMKM di Nunukan. Beberapa materi yang disampaikan narasumber pada pelatihan ini antara lain kebijakan Pemerintah dalam pembinaan, pemberdayaan, dan pengembangan UMKM.

Disperindagkop juga mengenalkan implementasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (Si Apik) bagi pelaku UMKM, serta manfaat penyusunan laporan keuangan bagi UMKM.

Margaretha mengatakan, penyusunan laporan keuangan bagi UMKM menjadi hal penting untuk mengetahui kondisi keuangan usaha yang dijalankan, memantau tumbuh kembang suatu usaha, dan meningkatkan profit secara maksimal.

Dengan laporan keuangan yang baik, ia optimis pelaku UMKM dapat meminimalisir risiko kerugian. Selain itu UMKM akan mudah mendapatkan kepercayaan investor dan akses terhadap pembiayaan.

“Kami meyakini bahwa peran UMKM sangat besar dalam membangun perekonomian daerah dan nasional, dan dengan kegiatan ini dapat menjadi sarana dimulainya pengembangan dan pemberdayaan UKM yang sehat di Kaltara,” ujar Margaretha. (Antara/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.