Selasa, 9 Juli 24

MPR Keluhkan Kaderisasi Parpol

MPR Keluhkan Kaderisasi Parpol
* Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kiri) berbincang dengan Ketua Wantimpres RI Wiranto dalam acara Silaturahmi Kebangsaan di Gedung Wantimpres RI, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (ANTARA/Nadia Putri Rahmani)

Obsessionnews.com – MPR mengeritisi parpol yang loyo dalam kaderisasi. Situasi tersebut terlihat dari gerak-gerik parpol dalam menjaring calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, seharusnya calon kepala daerah yang diusung parpol telah melewati kaderisasi, sehingga memiliki platform dan pemahaman tentang kebangsaan dan daerah yang bakal dipimpin.

Baca juga: Borok Demokrasi Dibongkar oleh Parpol dan Elite Politik

“Apakah pilihan politik kita hari ini lebih banyak manfaatnya atau justru lebih banyak mudaratnya, itu nanti kami serahkan pada pemerintah yang akan datang maupun kepada pimpinan MPR yang akan datang,” kata politisi yang akrab disapa Bamsoet di Kantor Wantimpres RI, Jakarta, Jumat (5/7).

Bamsoet bersama pimpinan MPR Lainnya melakukan silaturahmi kebangsaan ke Kantor Wantimpres. Para pimpinan MPR bertemu dengan Ketua Wantimpres Wiranto dan berdiskusi dengan kondisi politik terkini.

Kritikan tersebut, turut disampaikan kepada Wantimpres. Bamsoet menganggap, seharusnya mereka yang berlaga pada pilkada serentak melalui sistem kaderisasi terlebih dulu.

“Yang ideal seharusnya kepala daerah itu berasal dari kader-kader politik yang sudah dikaderisasi betul-betul, yang sudah memiliki ideologi partainya, memiliki pemahaman tentang kebangsaan, dan pemahaman tentang daerah yang akan mereka pilih,” ujarnya. (Antara/Erwin)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.