Selasa, 17 September 24

Mengenal Lapisan Pinguecula Pada Mata

Mengenal Lapisan Pinguecula Pada Mata
* Pinguecula (Foto: Dok. Freepik)

Obsessionnews.com — Banyak masyarakat belum mengetahui apa itu Pinguecula. Padahal Pinguecula merupakan lapisan bening yang menutupi bagian putih mata atau konjungtiva mata.

Lapisan tersebut diketahui terdiri dari beberapa hal, seperti lemak, kalsium, atau protein. Awalnya, ukuran pinguecula mungkin kecil dan hampir tidak terlihat, namun, seiring waktu ukurannya bisa membesar.

Kemunculannya berhubungan dengan paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlangsung selama beberapa bulan atau tahun. Untungnya kondisi tersebut tidak serius, meski begitu beberapa orang tetap merasa terganggu.

Dan Pinguecula biasanya tidak memerlukan pengobatan, meski begitu keberadaannya tidak bisa hilang dengan sendirinya. Berikut ini beberapa cara efektif untuk mencegah munculnya pinguecula:

1. Mengenakan kacamata hitam

Pastikan selalu mengenakan kacamata hitam selama berada di luar ruangan dan terpapar sinar UV. Pilihlah kacamata hitam yang dapat menghalangi sinar UV sebanyak 99 hingga 100 persen.

2. Mengenakan topi

Mengenakan topi bertepi lebar juga dapat menghalangi sinar matahari dari wajah dan mata. Pastikan untuk selalu mengenakan topi saat berada di luar ruangan atau di pantai.

3. Gunakan alat pelindung mata

Jika anda memiliki pekerjaan yang berisiko yang mengharuskan selalu berada di luar ruangan dan di tempat berdebu, maka gunakanlah alat pelindung mata. Dengan begitu mata tidak hanya terlindungi dari paparan matahari, tapi juga debu dan kotoran yang dapat menyebabkan iritasi mata.

4. Rawat mata kering

Sementara jika anda memiliki mata yang cenderung kering, maka gunakan obat tetes mata yang dapat menjaga mata tetap terlumasi. Dan anda bisa bertanya pada dokter tentang obat yang tepat untuk merawat mata kering.

Kemudian teteskan obat mata setiap mata terasa kering, atau gunakan obat sesuai anjuran dokter. Hal itu dilakukan agar mata tetap sehat dan terhindar dari kotoran yang masuk juga. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.