Jumat, 26 April 24

KTT ASEAN Apresiasi Indonesia Soal Penanganan Terorisme

KTT ASEAN Apresiasi Indonesia Soal Penanganan Terorisme

Vientiane, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi mengakhiri kunjungan kerja di Vientiane, Laos. Sebelum bertolak menuju Jakarta, Presiden Jokowi sempat berbincang sejenak dengan sejumlah jurnalis di lokasi penginapan Presiden di Asem Villa, Kamis (8/9/2016).

Presiden Jokowi mengaku bahwa negara-negara anggota ASEAN apresiasi Indonesia terkait penanganan terorisme. Dalam forum tersebut, Presiden memang sempat mempertanyakan efektivitas penanganan terorisme dengan hanya mengandalkan kekuatan militer semata.

“Berbeda penanganannya di negara yang lain, yang banyak dilakukan dengan penegakan hukum, dengan ‘law enforcement’, diburu dengan kekerasan. Kita ini punya pendekatan lunak, dengan cara pendekatan agama, dengan cara pendekatan budaya, itu yang kita sampaikan,” tuturnya.

Meski demikian, Presiden Jokowi memastikan bahwa pemerintah tetap akan melakukan penegakan hukum bila memang pendekatan lunak tidak membuat jera para pelaku terorisme. Sebab, menurut Presiden, Indonesia sejatinya menerapkan kombinasi antara pendekatan keras dengan pendekatan lunak. Walaupun yang disebut terakhir merupakan prioritas pemerintah saat ini.

“Tapi dari proses yang mereka lihat di Indonesia, memang mereka lihat lebih memberikan hasil. Paling tidak, tidak memproduksi teroris semakin banyak. Mereka yang mengatakan itu sendiri,” ungkap Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.