Selasa, 17 September 24

Ketahui Penyebab Benjolan di Leher

Ketahui Penyebab Benjolan di Leher
* Penyebab Benjolan di Leher (Foto: Freepik)

Obsessionnews.com — Benjolan di leher merupakan salah satu kondisi kesehatan yang kerap diperdebatkan. Hal itu dikarenakan, kondisi ini kerap dikaitkan dengan sejumlah masalah medis serius, seperti tumor.

Akibatnya, sebagian besar orang dapat merasa khawatir bila menemui benjolan yang tiba-tiba muncul pada leher. Berikut adalah sejumlah kemungkinan penyebab benjolan di leher:

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Perlu diketahui bahwa kelenjar getah bening berperan dalam melawan infeksi atau sel kanker. Ketika seseorang sakit, kelenjar getah bening umumnya akan membesar untuk melawan penyebab penyakit.

Oleh karena itu, ada sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan kelenjar getah bening bengkak. Maka dari itu harus lebih berhati-hati, dan memperhatikan pola hidup sehat.

2. Nodul

Penyebab kedua yakni nodul adalah pertumbuhan abnormal jaringan yang bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk leher. Sebab, sebagian besar kasus nodul diketahui tidak bersifat kanker.

Misalnya, nodul yang menghasilkan benjolan di leher dapat terjadi akibat penggunaan pita suara yang berlebihan (contohnya pada penyanyi). Serta efek penggunaan alkohol pada kelenjar tiroid, dan penyebab lainnya.

3. Bisul

Jika benjolan di leher merah, dan menyakitkan, mungkin benjolan tersebut muncul akibat bisul. Kondisi bisul adalah infeksi lokal, yang infeksinya hanya terjadi pada bisulnya.

Tetapi tidak pada kulit pada sekitarnya. Kista, jerawat, dan folikel rambut yang tersumbat dapat terinfeksi dan berubah menjadi bisul.

4. Gondok

Penyakit gondok adalah kondisi pembengkakan pada kelenjar tiroid yang terletak di leher. Kelenjar tiroid berperan penting dalam membantu metabolisme tubuh, mengatur suhu tubuh, detak jantung, dan sistem pencernaan seseorang.

Masalah kesehatan ini dapat terjadi akibat beberapa penyebab. Salah satunya adalah kekurangan asupan yodium.

5. Tumor atau Kanker

Meski kebanyakan benjolan di leher bersifat jinak, tetapi terkadang kondisi tersebut juga dapat terjadi akibat tumor ganas atau kanker. Salah satu jenis kanker yang dapat menjadi penyebabnya adalah kanker tiroid.

Kanker tiroid terjadi ketika sel-sel normal di tiroid menjadi tidak normal dan mulai tumbuh di luar kendali. Gejalanya berupa benjolan di tenggorokan, nyeri di tenggorokan atau leher hingga kelenjar tiroid bengkak. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.