Minggu, 8 September 24

Kenali Gejala Prediabetes di Tubuh

Kenali Gejala Prediabetes di Tubuh
* Arsip foto petugas kesehatan memeriksa tekanan darah seorang warga saat memperingati Hari Diabetes Sedunia di UPTD Center Diabetes, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu (16/11/2022). (ANTARA FOTO/Andri Saputra/YU/tom)

Obsessionnews.com — Apakah Anda mengetahui apa itu prediabetes? Semacam dengan diabetes. Hanya saja banyak orang belum mengetahui secara detail gejala yang akan dialami.

Merangkum Halodoc, prediabetes sendiri merupakan kondisi ketika gula darah sudah tinggi meski tidak setinggi diabetes. Sayangnya, gejala prediabetes seringkali tidak terlalu signifikan, sehingga pengidap sulit untuk tahu gejalanya.

Sebab, banyak orang tidak banyak menyadari bahwa dirinya mengalami gejala prediabetes selama bertahun-tahun. Kondisi ini mungkin tidak terdeteksi sampai berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Untuk mengenali itu semua, berikut ini ada beberapa gejala prediabetes yang mungkin terjadi, diantaranya:

1. Kulit menjadi gelap

Salah satu gejala prediabetes pertama yang bisa terjadi adalah kulit menjadi gelap di bagian tubuh tertentu. Meskipun banyak orang menganggap itu sepele, namun nyatanya hal tersbeut adalah salah satu gejalanya.

Area yang terkena bisa meliputi leher, ketiak, dan selangkangan. Kondisi ini juga bernama acanthosis nigricans.

2. Perubahan pada mata

Meskipun pada kondisi ini, kadar gula darah belum terlalu tinggi tapi tetap bisa memengaruhi mata atau penglihatan. Gejala kedua ini, tebtunya juga harus diwaspadai.

Karena hal tersebut tentunya akan mengganggu aktifitas sehari-hari Anda. Bahkan, gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah di retina dan menyebabkan retinopati diabetik.

3. Meningkatnya rasa haus

Hati-hati juga bila Anda terus-menerus merasa haus dan sering minum. Hal ini bisa menjadi gejala prediabetes.

Gula darah yang berlebihan akan tetap berada di dalam darah dan tidak terpakai, sehingga ginjal harus berusaha membuangnya. Tubuh Anda bisa mengencerkan gula darah dengan air, dan inilah mengapa prediabetes bisa membuat kamu sering merasa haus.

4. Sensasi kesemutan

Beberapa pengidap mungkin sudah mengalami kerusakan saraf. Yang mana dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada kaki dan tangan

5. Penyembuhan luka yang lambat

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi bisa merusak saraf dan pembuluh darah. Hal ini mengurangi aliran darah (terutama ke tangan, kaki, dan anggota tubuh), sehingga mempersulit penyembuhan luka dan sayatan.

6. Penglihatan kabur

Prediabetes bisa memengaruhi penglihatan Anda yang menyebabkan penglihatan kabur. Hal itu karena gula darah tinggi menyebabkan lensa mata membengkak.

Sehingga mengubah kemampuan melihat. Hal itu mengubah bentuk lensa secara alami dan mengganggu penglihatan. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.