Minggu, 5 Mei 24

Kartu Sakti Bisa Beli Pupuk, Solar, Elpiji dan Sertifikat Gratis

Kartu Sakti Bisa Beli Pupuk, Solar, Elpiji dan Sertifikat Gratis

Padang, Obsessionnews – Intervensi pemerintah melalui  tiga kartu sakti, yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) diharapkan mendapatkan beragam manfaat bagi warga tidak mampu.

“Melalui kartu sakti tersebut, baik KKS, KIP dan KIS merupakan wujud intervensi pemerintah kepada warga tidak mampu untuk pengentasan kemiskinan di Indonesia, ” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Konferensi Nasional Kesejahteraan Sosial Ke-VIII didampingi Gubernur Sumatera Barat dan Wakil Walikota Padang, di Kota Padang, Minggu (19/4/2015).

Manfaat KKS tidak sebatas penanda penerima bantuan dari pemerintah. Tetapi bisa digunakan untuk membeli pupuk dan solar bersubsidi, elpiji 3 kg, serta sertifikat tanah.

“Para petani dan nelayan bisa menggunakan kartu KKS untuk membeli pupuk dan solar bersubsidi, elpiji 3 kg serta mendapatkan sertifikat tanah gratis dari Badan Pertanahan Nasional (BPN),” tandasnya.

Tahun ini, Rancangan Undang- Undang (RUU) penyandang disabilitas menjadi Program Legislasi Nasional (Prolegnas). RUU tersebut mengedepankan pendekatan HAM, sehingga menjadi pangarusutamaan dalam pembangunan nasional.

“Penyandang disabilitas bisa mendapatkan KKS dan melalui Inpres bisa menjadi referensi pangarusutamaan dalam pembangunan nasional yang melibatkan penyandang disabilitas,” katanya.

Khofifah-Padang2
Pengarusutamaan dalam pembangunan nasional dengan tidak memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), jika dalam lift tidak tersedia huruf Braile dan suara yang menginformasikan posisi lantai berhenti atau turun.

“Hal sederhana seperti itu yang harus menjadi bagian dari pengarusutamaan dari pembangunan nasional bagi kebutuhan para penyandang disabilitas, ” ujarnya.

Bagi anak Indonesia barusia 6 – 21 tahun yang tidak berafiliasi dengan pendidikan manapun berhak mendapatkan KIP. Dengan KIP tersebut, diharapkan mereka termotivasi untuk belajar dan kembali bersekolah.

“Pada Juni ini, bantuan KIP sudah terdistribusi kepada anak usia 6-21 tahun, sehingga bisa membantu untuk membeli peralatan sekolah ataupun mengikuti kejar paket,” ucapnya.

Sedangkan, KIS merupakan kartu yang berlaku seumur hidup diperuntukan bagi delapan persen warga yang tidak mampu di seluruh Indonesia.

“KIS berlaku seumur hidup dari pemerintah untuk memastikan warga tidak mampu mampu mendapatkan akses dan perlindungan kesehatan yang layak,” tandasnya. (Herdianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.