Selasa, 17 September 24

Jokowi Diminta Batalkan Penunjukan BG Sebagai Calon Kapolri

Jokowi Diminta Batalkan Penunjukan BG Sebagai Calon Kapolri

Jakarta – Semenjak penetapan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait tindak pidana korupsi atas dugaan kasus gratifikasi, penunjukan BG menjadi calon Kapolri memancing pro kontra di kalangan pengamat korupsi.

Salah satunya Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Agus Sunaryanto yang mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membatalkan penunjukan BG sebagai calon Kapolri.

“Jokowi juga harus membatalkan penunjukan BG sebagai calon Kapolri,” tegas Agus saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Selain itu, lanjut Agus, ICW juga mendesak Komisi III DPR RI untuk menghentikan proses fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap BG yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri.

“DPR juga harus menghentikan proses fit and propert test calon kapolri,” pintanya.

Seperti diketahui, Komjen Pol Budi Gunawan telah ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Pol Sutarman. Namun, hari ini BG dijadikan tersangka tindak pidana korupsi oleh KPK atas dugaan kasus rekening gendut. (Pur)

Related posts