Jumat, 18 Oktober 24

Jelang Pelantikan Prabowo: Percantik Jakarta, Mobilisasi Solo

Jelang Pelantikan Prabowo: Percantik Jakarta, Mobilisasi Solo
* Presiden Jokowi bersama presiden terpilih Prabowo Subianto. (Istimewa)

Obsessionnews.com – Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden ke-8 RI pada 20 Oktober mendatang menjadi momen spesial bagi Presiden Jokowi. Kalau Jakarta dipercantik menyambut presiden terpilih, Solo dimobilisasi untuk menyambut kepulangan Jokowi yang purnatugas.

Menkominfo Budi Arie Setiadi yang juga Ketum Projo menyebut Jokowi bakal pulang ke Solo selepas seremoni pelantikan Prabowo. Jokowi bakal naik Citilink atau Garuda dari Halim sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca juga: 10 Satgas Bentukan TNI akan Amankan Pelantikan Presiden-Wapres 20 Oktober Mendatang

“Naik pesawat komersil dari Halim,” kata Budi Arie, belum lama ini.

Pemkot Solo bakal memobilisasi massa menyambut Jokowi. Baliho-baliho ucapan terima kasih kepada Jokowi sudah dipasang pada ruas-ruas jalan. Bahkan Pemkot Solo juga bakal menayangkan ucapan terima kasih melalui videotron.

Baca juga: H-2 Pelantikan Prabowo-Mega Tak Kunjung Bertemu, Faktor Jokowi?

Sementara Istana Kepresidenan di Jakarta, membersihkan jalan, menata taman dan memoles lantai, mengecat furniture untuk acara pisah sambut. Di Gedung MPR/DPR belasan unit kendaraan taktis (rantis) disiagakan mengamankan acara yang sudah menjadi kalender kenegaran itu.

Menurut Mensesneg Pratikno, prosesi pisah sambut akan dilaksanakan setelah Prabowo Subianto dilantik sebagai Presiden RI di MPR. “Usai pelantikan, Pak Jokowi akan lebih dulu ke Istana Jakarta. Nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut,” katanya.

Baca juga: Selepas Pelantikan Prabowo Belum Langsung Umumkan Kabinet

Pratikno mengatakan bahwa di Istana pada 20 Oktober 2024 hanya akan ada acara pisah sambut, dilanjutkan dengan keberangkatan Presiden Jokowi pulang ke Solo sekitar pukul 15.00 WIB. Rencananya juga digelar agenda jamuan makan malam di Istana Kepresidenan Jakarta bersama para tamu penting.

Pemkot Jakarta Pusat menghijaukan taman hingga mengecat kembali trotoar sebagai persiapan menjelang pelantikan . Fokus persiapan meliputi taman-taman, jalur lintasan dan penginapan tamu negara yang berada di Jalan Sudirman-Thamrin, gedung DPR-MPR dan Istana Negara.

Pabrikan otomotif Mercedes menyerahkan 60 unit mobil Mercedes Benz S-Class, sebagai kendaraan resmi yang digunakan pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Selain untuk kebutuhan akomodasi di hari pelantikan, kendaraan tersebut juga akan digunakan selama acara kenegaraan yang berlangsung dari 19 hingga 21 Oktober 2024.

Di udara Jakarta, pesawat intai Boeing 737 dari Skuadron Udara 5 Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin berpatroli selama operasi pengamanan VVIP pelantikan. Pesawat berjuluk “Camar Emas” dengan nomor registrasi AI-7303 itu telah terparkir di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (17/10).

Selamat bertugas Prabowo, sayonara Jokowi. (Antara/Erwin)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.