Jumat, 19 April 24

Inilah Tompel, Sepeda Onthel Karya Mahasiswa UGM

Inilah Tompel, Sepeda Onthel Karya Mahasiswa UGM
* Tompel, sepeda onthel buatan mahasiswa UGM.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, terus-menerus menelurkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Kali ini mahasiswa Fakultas Teknik mengembangkan inovasi teknologi transmisi otomatis pada sepeda onthel dengan sistem kerja mekanis secara keseluruhan. Inovasi tersebut diberi nama automatic pit onthel atau disebut dengan Tompel.

Ketua tim pengembang sepeda Tompel , Dhiva Prima Adi, mengatakan sistem transmisi otomatis sudah banyak digunakan pada sepeda listrik. Hanya saja, teknologi auto shifting gear pada sepeda listrik sangat tergantung pada ketersediaan energi listrik. Apabila sumber listrik habis maka sistem transmisi otomatis tidak dapat digunakan.

“Berbeda dengan sepeda listrik, Tompel tidak tergantung pada energi listrik untuk menggerakkan transmisi otomatis,” tuturnya di Kampus UGM, Jumat (5/8/2016) seperti dikutip dari siaran pers Humas UGM.

Dhiva menjelaskan sistem transmisi secara otomatis akan bekerja menyesuaikan dengan medan yang dilalui. Apabila medan menanjak, secara otomatis gigi sepeda berpindah ke gigi yang ringan. Sebaliknya, jika melewati turunan, nantinya alat akan mengubah gigi ke gigi berat.

Cara kerjanya, kabel dari sproket yang dipakai untuk mengubah gigi dan terhubung ujung satunya ke handle bar dihubungkan ke pendulum atau pemberat alat. Ketika sepeda dalam keadaan miring saat menaiki tanjakan, kabel tersebut akan tertarik oleh pendulum dan mengubah gigi.

Sepeda Tompel dikembangkan bersama Khoirunisa Ulya N.U, Dyah Nur Suci, serta Ilham Adityarsena F. Inovasi ini lahir dari Program Kreativitas Mahasiswa UGM.

Dyah menambahkan pengembangan sepeda Tompel bermula dari keprihatinan mereka akan rendahnya minat masyarakat menggunakan sepeda. Sebagian besar masyarakat lebih memilih memakai sepeda motor dibandingkan sepeda onthel.

“Kontur jalan di Indonesia yang kurang baik dan fasilitas jalan bagi pesepeda yang belum memadai menjadikan sepeda motor sebagai transportasi yang paling diminati masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Oleh karena itu, mereka berupaya menghadirkan inovasi teknologi sepeda yang memadai. Hadirnya inovasi ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Webometrics Tempatkan UGM Posisi Pertama di Indonesia

UGM Gandeng Coventry University di Bidang Pendidikan dan Penelitian

Mahasiswa UGM Ciptakan Magnet Elastis Untuk Robot

Fahmi, Penyandang Disabilitas yang Diterima di UGM

Mengagumkan! Anak Pemulung Kuliah di FK UGM

30 Persen Mahasiswa UGM Berasal dari Keluarga Miskin

Rektor UGM Beri Sepeda Onthel Untuk Mahasiswa

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.