Minggu, 8 September 24

Harga Cabai Makin ‘Pedas’

Harga Cabai Makin ‘Pedas’
* Cabai merah.

Padang, Obsessionnews.com– Harga cabai merah keriting makin ‘pedas’. Harga cabai mengalami kenaikan yang cukup signifikan, seminggu menjelang Idul Adha 1347 Hijriyah. Meski komoditas itu mengalami kenaikan, diyakini tidak akan mempengaruhi inflasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Barat (Sumbar), Asben Hendri, mengatakan, kenaikan harga cabai merah keriting di pasaran antara Rp12.000 sampai Rp 15.000 per kilogram.

Fluktuasi harga tidak sama di seluruh pasar yang ada di Kota Padang. Dari tiga pasar yang ditinjau terdapat perbedaan harga, di mana paling tinggi terdapat di Pasar Siteba Rp46.000 per kg. Sementara di Pasar Raya Padang harga cabai merah keriting Rp42.000 per kg, dan Pasar Lubuk Buaya harga cabai merah keritinya dijual Rp45.000 per kg nya.

“Harga komoditi yang mengalami kenaikan adalah cabai. Harga cabai merah keriting di pasaran mencapai Rp46.000 per kologram. Harga ini naik dari Rp30.000 per kilogram sebelumnya,” kata Asben saat ditemui, Selasa (6/9/2016).

Berdasarkan pantauan di pasaran, stok cabai mencukupi hingga Idul Adha, meskipun yang masuk dari pulau Jawa.

Kenaika harga cabai dipasaran disebabkan karena permintaan meningkat menjelang Idul Adha.

“Jadi tidak ada kaitannya kenaikan ini dengan stok yang tersedia,” ujarnya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.