Sabtu, 21 September 24

Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran Bukan Agenda PDIP

Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran Bukan Agenda PDIP
* Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Dok/PDIP)

Obsessionnews.com – PDIP menegaskan belum berminat gabung dalam pemerintahan Prabowo-Gibran yang bakal dilantik pada 20 Oktober 2024. Jubir PDIP Chico Hakim menyebut, partai banteng sedang fokus pada agenda pemenangan pilkada serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota.

Chico mengatakan, tidak ada agenda lain di luar pemenangan pilkada yang menjadi fokus internal partai. Sementara gabungnya PDIP dalam pemerintahan Prabowo muncul seiring wacana pembentukan kabinet.

Baca juga: Zaken Kabinet, Bergantung Niat Politik Prabowo

“Ini kami belum khusus memikirkan maupun merancanakan untuk masuk dalam pemerintahan ataupun juga secara tegas memberikan keputusan terkait hal tersebut,” kata Chico kepada Obsessionnews.com di Jakarta, Selasa (17/9).

“Karena memang fokus kami hari-hari ini adalah pemenangan pilkada di 545 pilkada seluruh Indonesia, dan ini yang menjadi fokus utama sekarang,” tuturnya.

Baca juga: Kasak-kusuk Kursi Menteri

Koalisi partai pendukung Prabowo-Gibran sudah membicarakan jatah menteri, tak terkecuali mereka yang baru gabung belakangan seperti PKB. Sementara Gerindra tidak bisa memastikan jumlah menteri dalam kabinet Prabowo sebanyak 44 orang.

PDIP turut didorong masuk pemerintahan, sekalipun tidak sedikit aspirasi yang meminta agar partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri berada di luar untuk menjadi penyeimbang. Chico menyebut, keputusan strategis mengenai arah maupun sikap partai bakal diputus dalam kongres pada 2025 mendatang.

“Saya rasa keputusan yang sestrategis itu akan diputuskan nanti di kongres yang akan digelar tahun 2025,” kata Chico. (Erwin)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.