Jumat, 19 April 24

Fantastis! Anies-Sandi Panen Dukungan

Fantastis! Anies-Sandi Panen Dukungan
* Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (Sumber foto: Twitter @aniesbaswedan)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Panggung Pilkada DKI Jakarta pada 15 Februari 2017 menyuguhkan pertarungan ketiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur (wagub): Agus Harimurti-Sylviana Murni yang bernomor urut 1, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat (nomor urut 2), dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (nomor urut 3).

Agus-Sylvi diusung oleh Partai Demokrat, PAN, PPP, dan PKB. Sedangkan gubernur dan wagub petahana DKI Ahok-Djarot diusung PDI-P, Golkar, Nasdem, dan Hanura. Sementara itu Anies-Sandi diusung Partai Gerindra dan PKS.

Dalam pilkada yang paling banyak menyedot perhatian masyarakat di seantero tanah air tersebut terjadi kejutan.  Jauh sebelum pelaksanaan pilkada hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survey menempatkan tingkat elektabilitas Anies-Sandi di urutan buncit. Artinya, duet ini dipandang sebelah mata. Sedangkan elektabilitas pasangan Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot ada yang menempatkan di urutan pertama dan kedua.

Faktanya Anies-Sandi mampu mematahkan hasil survei tersebut. Anies-Sandi ternyata mampu meraih suara cukup signifikan. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (KPU DKI)  Senin (27/2), Anies-Sandi memperoleh 2.197.333 suara atau 39,95%. Mereka menduduki posisi kedua. Sedangkan peringkat pertama diduduki Ahok-Djarot dengan perolehan 2.364.577 suara ( 42,99%). Sementara Agus-Sylvi berada di urutan bontot dengan perolehan 937.955 suara (7,05%).

Ketiga paslon tidak ada yang memperoleh suara lebih dari 50 persen sebagai persyaratan untuk ditetapkan sebagai gubernur dan wagub sebagaimana ditetapkan dalam UU 29/2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu pada rapat pleno Sabtu (4/3) KPU DKI memutuskan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi maju di putaran kedua pada 19 April mendatang.

Hasil Pilkada 15 Mei tersebut di luar prediksi kubu Ahok-Djarot. Karena mereka menargetkan menang satu putaran.

Fantastis! Anies-Sandi Panen Dukungan

Menjelang Pilkada putaran kedua Anies-Sandi panen dukungan. PPP, PAN, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) memberikan dukungan kepada Anies-Sandi. Selain itu Anies-Sandi juga mendapat dukungan dari para relawan Agus-Sylvi, Korps Alumni HMI (KAHMI) wilayah Jakarta Raya, para pelajar dan mahasiswa, serta komunitas jawara Betawi dan advokat di wilayah Jakarta yang menamakan diri Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar). Wow, sungguh fantantis!

Parmusi Juga Dukung Anies-Sandi

Anies-Sandi juga mendapat dukungan dari organisasi kemasyarakatan (ormas) Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi). Pengurus Wilayah (Parmusi) DKI akan mendeklarasikan dukungan pada Anies-Sandi di Gedung Joang 45 Jl. Menteng Raya, Jakarta Pusat, Rabu (22/3) siang. Acara tersebut akan dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) H Usamah Hisyam.

Sebelum pilkada putaran pertama Parmusi secara tegas menyatakan dukungannya pada calon gubernur dan cawagub muslim. Ketika itu Parmusi tak menyebut nama.

Cukup Besar Kans Anies-Sandi Menang

Wakil Bendahara DPP PKS H. Abdul Kharis Al Masyhari mengatakan, kans Anies-Sandi untuk meraih kemenangan cukup besar.

“Hal ini disebabkan oleh banyaknya warga DKI yang menginginkan gubernur baru, yang berbeda dari sebelumnya,” kata Kharis ketika dihubungi Obsessionnews.com, Jumat (17/3).

Harapan itu, lanjutnya, sesuai dengan performa Anies-Sandi yang lebih cool dan tenang.

“Hal inilah yang menjadi harapan sebagian besar warga DKI,” kata Ketua Komisi I DPR itu.

Untuk memenangkan pilkada, tutur Kharis, ada beberapa hal yang harus dilakukan Anies – Sandi. Pertama, Anies -Sandi harus bisa mempertahankan pemilih di putaran pertama, yaitu dengan mempertahankan karakter dan pola komunikasi yang selama ini sudah baik.

Kedua, menambah dengan menarik suara pemilih pasangan calon (paslon) nomor urut 1 di putaran pertama.

Ketiga, merebut dukungan swing voter dan pemilih yang abstain pada putaran pertama.

“Untuk langkah kedua dan ketiga dapat dusahakan dengan mengintensifkan kampanye dan pendekatan yang lebih masif,” tegas Kharis. (arh)

 

Baca Juga:

Fahira Idris: Tepat Anies-Sandi Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

Zulkifli Hasan: PAN Dukung Anies-Sandi

Komunitas Pelajar Mahasiswa Pemuda Islam Jakarta Resmi Dukung Anies-Sandi

Cukup Besar Kans Anies-Sandi Menang Pilkada DKI

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.