Sabtu, 20 April 24

FAM Indonesia Gelar Lomba Tulis Resensi Buku

FAM Indonesia Gelar Lomba Tulis Resensi Buku
* Para pelajar SMA di Pare, Kediri, Jawa Timur, yang tergabung dalam Sanggar Sastra Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia

Kediri, Obsessionnews – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia, Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menggelar Lomba Resensi Buku yang berhadiah uang tunai. Lomba telah dibuka, dan ditutup pada 30 Juli 2015. Pemenang diumumkan pada 17 Agustus 2015. (Baca: FAM Indonesia Sebarkan Semangat Cinta Menulis)

Selain uang tunai, pemenang utama juga akan menerima paket buku dan piagam penghargaan dari FAM Indonesia.

Buku Sajak-Sajak Dibuang Sayang karya Muhammad Subhan
Kumpulan puisi  Sajak-Sajak Dibuang Sayang karya Muhammad Subhan

Humas FAM Indonesia Irfa Sayidatur Rohmah melalui siaran pers yang diterima obsessionnews.com, Selasa (2/6), mengatakan, ada tujuh buku yang diresensi. Yakni, Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh (novel karya Aliya Nurlela), Sepucuk Surat Beku di Jendela (kumpulan cerpen karya Aliya Nurlela), 100% Insya Allah Sembuh (nonfiksi karya Aliya Nurlela), Flamboyan Senja (kumpulan cerpen karya Aliya Nurlela), Fesbuk (kumpulan cerpen karya Muhammad Subhan dan Aliya Nurlela), Rinai Kabut Singgalang (novel karya Muhammad Subhan), dan Sajak-Sajak Dibuang Sayang (kumpulan puisi karya Muhammad Subhan). (Baca: Realitas Kekinian di Buku Puisi ‘Sajak-Sajak Dibuang Sayang’)

Aliya Nurlela, Sekjen FAM Indonesia, dan penulis buku kumpulan cerpen Sepucuk Surat Beku
Kumpulan cerpen Sepucuk Surat Beku karya Aliya Nurlela

Adapun syarat lomba, peserta terbuka untuk umum dan lomba tidak dipungut biaya apa pun. Panjang naskah resensi maksimal dua halaman satu spasi. Resensi harus berimbang, komunikatif, mengulas sisi kelebihan dan kekurangan isi buku, serta saran-saran yang bersifat membangun.

Selain itu, setiap naskah resensi yang dikirim ke panitia dilampirkan foto/gambar cover buku yang diresensi. Peserta menuliskan biodata (ditulis dalam bentuk narasi) dan dibubuhkan di lembar terakhir naskah serta menyertakan foto diri.

Naskah dikirim ke email: [email protected]. Subjek email: LOMBA RESENSI BUKU_NAMA PENULIS. Update peserta dan pengumuman pemenang akan diposting di “Grup FAM Indonesia” di facebook maupun di website FAM Indonesia di www.famindonesia.com.

Sebagai tanda apresiasi dan penghargaan, pemenang 1 akan menerima hadiah uang tunai Rp 500 ribu, paket buku, piagam penghargaan. Pemenang 2 uang akan memperoleh tunai Rp 300 ribu, paket buku, pigam penghargaan, dan pemenang 3 akan mendapat uang tunai Rp200 ribu, paket buku, dan piagam penghargaan. (ARH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.