Rabu, 17 April 24

Cinta Tarian, Jadikan Amalia Hernandez Koreografer Balet Dunia

Cinta Tarian, Jadikan Amalia Hernandez Koreografer Balet Dunia
* Ballet Folklorico De Mexico De Amalia Hernandez. (Dok. dancetabs).

Jakarta, Obsessionnews.com – Halaman utama Google atau Google Doodle, Selasa (19/9/2017) menampilkan ilustrasi dari para penari dengan pakai warna warni. Tarian dengan bermacam gaya.

Google Doodle mempersembahkan penghargaannya kepada wanita bernama Amalia Hernandez. Seorang wanita yang berprofesi sebagai koreografer balet asal Mexico dimana karyanya hingga saat ini masih saja dijadikan pertunjukkan bergengsi di dunia.

Amalia Hernandez kelahiran Mexico, 19 September 1917 memiliki ayah yang berprofesi sebagai perwira militer dan politisi mapan, Lamberto Hernández dan ibunya bernama Amalia Navarro.

Karir Amalia sebagai koreografer dipengaruhi ibunya semasa ia kecil. Ia diperkenalkan pada pelajaran seni, nyanyian dan musik. Beruntung, kedua orangtuanya sangat mendukung minatnya, khususnya tarian.

Amalia Hernandez

Pada usia 17, ia memasuki Sekolah Tari Nasional yang disutradarai oleh Nellie Campobello. Setelah beberapa kali mengalami konflik dengan direktur sekolah, Amalia Hernandez keluar dan menikah, menunda karirnya untuk sementara waktu.

Pada akhirnya, ia mulai bekerja di Institut Seni Rupa Seni sebagai guru dan koreografer dari tarian modern. Namun ia tidak merasa puas. Hingga akhirnya ia merasa nyaman dengan tarian budaya tradisional Meksiko.

Pada tahun 1952 Amalia mendirikan Ballet Folkloric Meksiko dengan hanya 8 penari.Pada tahun 1959, ansambel telah berkembang menjadi 60 hingga mencapai 300 penari.

Sejak tahun 1960, Amalia Hernández menciptakan lebih dari 60 koreografi dan baletnya yang terkenal telah tampil tanpa terputus pada hari Minggu pagi dan Rabu malam di Istana Seni Rupa di Mexico City.

Selain itu, ia mendirikan Folkloric Ballet School di Mexico City, saudara laki-lakinya, arsitek Agustín Hernández Navarro merancang bangunan tersebut pada tahun 1968.

Cinta Aminah Hernandez tentang negaranya telah memperkuat citra asli Meksiko di seluruh dunia dengan karyanya lewat tarian folklorico.

Tariannya juga berfokus pada area geografis dan area budaya tertentu di Meksiko. Ini akan  memberikan pandangan yang beragam tentang Meksiko. Misalnya, tariannya yang paling terkenal (Melodies of Michoacan, Deer Dance, Jalisco, Fandangos).

Kelompok Ballet yang ia pimpin membuat Amalia Hernandez berhasil melakukan pertunjukam lebih dari 15.000 kali untuk jumlah penonton lebih dari 22 juta orang. Salah satu pertunjukan tersebut untuk Presiden Amerika, John F. Kennedy. Tahun 2000 dalam usia 83 tahun ia wafat ditanah kelahirannya, Mexico.

Berita tentang Amalia Hernandez menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia hari ini hingga pukul 15.53 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 500.000 kali. (Popi)

Baca juga:

Google Doodle Dihiasi Amalia Hernandez

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.