Senin, 7 Oktober 24

Belajar dari Kasus Hasyim, DPR Tuntut Evaluasi Seleksi Anggota KPU

Belajar dari Kasus Hasyim, DPR Tuntut Evaluasi Seleksi Anggota KPU
* DPR menuntut evaluasi proses seleksi anggota KPU buntut kasus etik Hasyim Asy'ari. (Ilustrasi/Obsessionnews)

Obsessionnews.com – Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mengusulkan adanya evaluasi proses seleksi calon anggota KPU, buntut kasus etik Hasyim Asy’ari. Legislator asal Sumbar menyebut, evaluasi bakal berfokus kepada rekam jejak para calon.

Politisi PAN melanjutkan, kasus etik asusila Hasyim merupakan kali pertama terjadi. Dia meminta pemerintah juga melakukan evaluasi agar pansel yang dibentuk meneliti benar rekam jejak para kandidat.

Baca juga: Mahfud MD: Seluruh Komisioner KPU Harus Mundur

“Saat penjaringan komisioner KPU RI calon dipilih oleh tim pansel yang dibuat Pemerintah lalu diserahkan ke DPR untuk dipilih melalui fit and proper test. Kasus asusila kayak gini baru sekali ini terjadi. Ini jadi pelajaran buat kita bersama,” kata Guspardi kepada wartawan di Jakarta, Senin (8/7).

Kasus etik Hasyim, lanjutnya, merupakan kegagalan proses seleksi. Hasyim diketahui pernah terbelit kasus etik asusila terhadap Hasnaeni yang dijuluki “Wanita Emas” namun hanya dikenakan sanksi peringatan keras dan terakhir.

“Bisa di pansel langsung diperas, kalau itu kebobolan juga, di Komisi II DPR harus lebih diperhatikan lagi juga urusan etika calon,” ujarnya. (Erwin)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.