Jumat, 18 Oktober 24

Anak Buah Prabowo Gantikan Budi Gunawan

Anak Buah Prabowo Gantikan Budi Gunawan
* Wamenhan Muhammad Herindra jadi Kepala BIN menggantikan Budi Gunawan. (Antara)

Obsessionnews.com – Anak buah presiden terpilih Prabowo Subianto yakni, M Herindra bakal menjadi Kepala BIN menggantikan Budi Gunawan. Herindra yang menjabat Wamenhan diagendakan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR pada Rabu (15/10).

Herindra diketahui turut dipanggil Prabowo ke kediaman pribadi di Jl Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10). Herindra yang menyandang pangkat Letjen TNI dan menjabat Wamenhan pada 2020.

Baca juga: Besok, DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Kepala BIN

“Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres (Surat Presiden) Pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra,” kata Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10).

Tidak diketahui secara pasti urgensi mempercepat pergantian Kepala BIN. Namun Puan menyebut, DPR memprosesnya dengan menggelar uji kelayakan melalui tim khusus.

Tim khusus dibentuk lantaran pembentukan komisi belum rampung. Umumnya, uji kelayakan Kepala BIN, Panglima TNI, dan Kapolri melalui Komisi I DPR selaku mitra kerja.

“Insya Allah akan dilaksanakan fit and propernya atau pertimbangan dari DPR-nya itu Insya Allah besok pagi di DPR,” kata Puan. (Erwin)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.