Sabtu, 20 April 24

300.000 Koruptor di Cina Dihukum pada 2015

300.000 Koruptor di Cina Dihukum pada 2015
* Presiden Xi Jinping menggencarkan kampanye melawan korupsi dalam agenda pemerintahannya. (BBC)

Beijing – Partai Komunis yang berkuasa di Cina mengatakan telah menghukum hampir 300.000 pejabat tahun lalu karena melakukan korupsi.

Sekitar 200.000 orang telah dijatuhi “hukuman ringan”, sedangkan 80.000 lainnya dikenakan hukuman yang lebih berat.

Presiden Xi Jinping menggencarkan kampanye melawan korupsi sebagai agenda pemerintahannya. Banyak tokoh-tokoh politik dipenjarakan setelah ditangkap karena kasus korupsi.

Hampir setiap hari media pemerintah melaporkan para pejabat yang tengah diselidiki atau dihukum atas tuduhan-tuduhan penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan atau praktik-praktik korupsi lainnya.

Badan pelaporan atau Central Committee for Discipline Inspection – jarang menjelaskan metodologinya atau bukti apa yang dipertimbangkan, dan tidak ada rincian lainnya yang diberikan dalam pernyataan singkat soal hukuman tersebut.

Jumlah orang-orang yang ditangkap pada tahun 2015 dirilis selama sidang parlemen tahunan Cina.

Analis BBC Cina Michael Bristow mengatakan, tidak diragukan lagi ini adalah sebuah peringatan untuk para delegasi yang berkumpul di Beijing bahwa Partai Komunis akan terus memburu para pejabat yang korup.

Beberapa pengamat melihat kampanye anti-korupsi ini sebagai cara bagi Partai untuk mengendalikan para pejabat yang mencari berpengaruh, atau mengejar dendam-dendam pribadi. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.