Wow! Lagi-lagi Ronaldo

Wow! Lagi-lagi Ronaldo
CR7 mencium trofi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA 2016.

Obsessionnews.com – Sejarah tak bosan-bosannya mencatat nama Cristiano Ronaldo dengan tinta emas di ajang bola kaki. Usai memenangkan Ballon d’Or versi France Football pertengahan Desember lalu, kali ini bintang andalan Real Madrid itu tercatat sebagai pemain terbaik sejagad versi FIFA untuk 2016.

Ya, tahun 2016 menjadi tahun sarat prestasi bagi pemilik nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro tersebut. Di tahun kabisat itu, Ronaldo sukses memberikan trofi juara Piala Eropa bagi Timnas Portugal dan trofi Liga Champion Eropa untuk El Real.

Di tahun itu, Ronaldo juga sukses menjadikan Los Galacticos sebagai jawara pada Piala Dunia Antarklub. Torehan golnya pun spektakuler, mencetak 55 gol dari 57 penampilan untuk klub dan negaranya.

“Wow, wow, wow. Ini luar biasa,” kata Ronaldo usai menerima penghargaan dari Presiden FIFA, Gianni Infantino pada Senin (9/1/2017).

“Saya sangat bahagia. Saya katakan 2016 adalah tahun terbaik dalam karier saya. Ada banyak keraguan tapi trofi-trofi itu bicara sendiri,” tandas Megabintang asal Portugal ini.

Bagi pesepakbola 31 tahun itu, penghargaan ini menjadi yang keempat setelah ia sukses meraihnya di tahun 2008, 2013, dan 2014. Kali ini, Ronaldo menyabetnya usai mengungguli Lionel Messi (Barcelona/Argentina) dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Prancis). Ronaldo unggul melalui voting yang melibatkan para kapten dan pelatih tim nasional, jurnalis terpilih, dan polling online yang diikuti oleh fans.

 

CR7 yang Ikonis

Dahulu, nomor punggung 7 identik dengan Raul Gonzalez atau David Beckham. Namun sejak era 2000 awal, pecinta sepak bola lebih mengenal CR7 untuk pemain bernomor punggung ganjil tersebut.

Ronaldo mulai dikenal sebagai CR7 ketika dia menjadi pujaan publik Old Trafford. Kemenangan Manchester United atas Portsmounth 3-0 menjadi laga yang membuat pemain kelahiran Madeira, Portugal, 5 Februari 1985 ini semakin dipuja. Di laga tersebut, ia mencetak gol untuk kali pertamanya di Liga Inggris pada tahun 2003.

Pada tahun 2007, Ronaldo berhasil mencetak gol ke-50 bagi Manchester United saat derby melawan Manchester City. Di tahun itu, Ronaldo berhasil meraih kembali gelar Pemain Muda Terbaik.

Tahun 2007 seolah menjadi batu loncatan yang membuat namanya melambung tinggi. Ronaldo mematenkan diri sebagai salah satu pemain terbaik di dunia dengan deretan penghargaan bergengsi yang ia dapatkan. Sederet penghargaan diraihnya, seperti Pemain Terbaik Premiership, Pemain Muda Terbaik, dan Pemain Terbaik Pilihan versi Pemain Profesional Inggris hingga sukses bertengger di posisi runner up Ballon d’Or.

Setelah meraih posisi runner up Ballon d’Or pada tahun 2007, Ronaldo berhasil masuk menjadi Pemain Terbaik Eropa di tahun setelahnya, yakni 2008. Ia menyandang penghargaan ini sebagai pemain Manchester United pertama yang berhasil menerima posisi tersebut setelah sebelumnya di tahun 1968, George Best menduduki posisi yang sama.

Karir gemilang Ronaldo berlanjut saat ia hijrah ke Real Madrid pada musim 2009-2010. Tak butuh waktu lama, Ronaldo mencatat prestasi sebagai El Pichichi Liga Spanyol dengan torehan 40 gol. Torehan di atas 30 gol itu bahkan terus berlanjut hingga empat musim berturut-turut di La Liga. Ronaldo menjadi pemain pertama yang melakukannya.

 

Permainan bola Ronaldo

Permainan bola yang apik, fisik bagus, dan ketajaman mental membuat Ronaldo mampu bertahan dan menjadi pemain terbaik di dunia saat ini. Ia dikenal sebagai salah satu pemain bola yang memiliki kemampuan dribbling, passing, crossing, dan finishing yang sangat baik. Di kaki lincahnya, Ronaldo menjadi salah satu spesialis tendangan bebas yang selalu akurat. Selain memiliki kemampuan dalam pergerakan, Ronaldo juga memiliki reaksi dan kemampuan menganalisa drama dengan baik.

Pasca kecelakaan yang mengakibatkan cedera lutut dan bertambahnya usia, Ronaldo lebih banyak diposisikan sebagai penyerang yang memanfaatkan ruang kosong dan kondisi depan penyerangan. Awalnya, Ronaldo selalu mengisi posisi sayap dengan kemampuan lincah dan kecepatannya. Sebagai pengisi posisi sayap, Ronaldo selalu mampu merebut bola, melewati lawan dan menggiring bola dengan baik.

Kini di posisi penyerang, anak dari pasangan José Dinis Aveiro dan Maria Dolores dos Santos itu merupakan seorang striker yang kuat, dengan kemampuan menyerang dan bergerak cepat dari sayap ke posisi tengah. Tendangan yang akurat menjadikan setiap bola yang dikirimnya ke gawang lawan berbuah gol.

Totalnya di sepanjang tahun lalu, Ronaldo tercatat mampu meraih empat gelar di level timnas dan klub, yaitu Euro 2016, Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub. Ia pun mampu mencetak 55 gol dan 17 assist dalam 57 laga. (Indah/Fath)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.