Jumat, 19 April 24

Sejuta Buruh Turun ke Jalan pada 1 Mei

Sejuta Buruh Turun ke Jalan pada 1 Mei

Jakarta, Obsessionnews – Hampir 1 juta buruh nantinya akan turun ke jalan untuk merayakan May Day pada 1 Mei 2015 di 30 provinsi dan 250 kabupaten kota. Khusus aksi di Ibukota Jakarta, 1 Mei nanti sebanyak 150 ribu buruh Se-Jabodetabek yang merupakan massa gabungan dari KSPI, KSPSI, KSBSI, KP KPBI dan lain-lain mulai Pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Nantinya, aksi akan dilakukan dengan Long March dari HI menuju Istana Negara kemudian menuju ke stadion GBK, Senayan.
“Khusus massa KSPI, dengan jumlah hampir 100 ribu buruh nantinya pada jam 13.00 setelah dari Istana Negara akan bergerak menuju ke stadion GBK, Senayan, untuk merayakan May Day Fiesta dari Pukul 13.30 WIB – 17.00 WIB,” kata Presiden KSPI, Said Iqbal di Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Ia mengatakan acara di stadion GBK juga akan dihadiri oleh para pimpinan serikat pekerja se dunia dan Pimpinan buruh Asia Pacific.

Selain di Ibukota, aksi May Day juga akan dilakukan serentak di berbagai kota dengan mulai dari di Aceh, Sumut, Kepri, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulsel, Sulut, Gorontalo, Kaltim, Kalsel, Papua dan daerah lainnya. Massa aksi nantinya akan menuju pusat pemerintahan seperti kantor Gubernur,Walikota dan Bupati masing – masing daerah.

Adapun Kegiatan di Stadion GBK nantinya untuk menyuarakan tuntutan para Buruh. Antara lain :

1.Tolak politik upah murah dengan menuntut kenaikan UMP/K sebesar 32 persen ( juga menolak kenaikan upah 5 tahun sekali dan mendesak pemerintah untuk merubah KHL menjadi 84 item dari 60 Item KHL).

2. Mendesak pemerintah untuk menjalankan jaminan pensiun buruh wajib pada awal Juli 2015 dengan manfaat pensiun 60% hingga 75 % dari gaji terakhir (seperti PNS).

3. Mendesak pemerintah untuk menambah anggaran Jamkes Rp 30 T dari APBN.

4.Mendesak pemerintah untuk segera menghapus sistem kerja Outsourcing khususnya di BUMN.

5. Menolak kenaikan harga BBM,Elpiji,TDL sesuai harga pasar.

6.Mendesak pemerintah untuk menurunkan harga barang pokok.

7.End Coorporate Greed.

8. Mendesak pemerintah untuk mencabut aturan tentang Objek Vital dan Stop tindakan Union Busting dan kekerasan terhadap aktivis buruh

9. Angkat guru dan pegawai honorer menjadi PNS tanpa test lagi.

10. Syahkan RUU PRT dan Revisi UU perlindungan TKI. (Herdianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.