Jumat, 26 April 24

Sabtu Minggu Kantor BPN Jakbar Tetap Buka

Sabtu Minggu Kantor BPN Jakbar Tetap Buka

Jakarta, Obsessionnews – Masyarakat Jakarta Barat (Jakbar) yang ingin mengurus persoalan tanah bisa mendatangi langsung Kantor Badan Pertanahan Nasional wilayah Jakbar di Kembangan. BPN Jakbar memberikan pelayanan penuh tanpa hari libur. Sabtu dan Minggu kantor ini tetap buka.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPN Jakbar, Sumanto. Ia mengatakan, untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Jakbar, pihaknya, memberikan kebijakan Kantor BPN tetap buka diakhir pekan.

“Ini lain dari yang lain, Sabtu dan Minggu kita tetap buka, memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya, di Kantor BPN Jakbar, Kamis (4/2/2016).

Meski‎ yang bekerja di BPN Jakbar adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sumanto memberlakukan jam kerja pada hari Sabtu dan Minggu, mengingat banyaknya masyarakat yang ingin persoalan tanah di Jakarta, sehingga perlu ada penambahan jam kerja.

“Saya katakan persoalan tanah ini tidak akan selesai dan tidak akan ada habisnya sampai hari kiamat. Karena ini ada yang menyangkut tanah warisan turun menurun,” terangnya.

Penambahan layanan juga diberikan oleh BPN Jakbar ‎dengan fasilitas berbasis online yakni LINTAS (Layanan dan Informasi Tanpa Batas) Layanan online ini bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi berkaitan dengan layanan pertanahan.

Melalui aplikasi ini semua masyarakat dimanapun berada bisa mengakses informasi pertanahan dan berkomunikasi tatap muka melalui layar monitoring gadgetnya dengan petugas melalui operator LINTAS. Sehingga, masyarakat tidak perlu susah untuk mengatahui persoalan pertanahan.

Dalam aplikasi itu ada tujuh layanan yang siap dimanfaatkan oleh masyarakat yakni, 1. ‎Pengecekan Sertifat, 2. Roya,(‎hapus hak tanggungan) 3. Peningkatan Hak, 4. Peralihan hak (dari jual beli) 5. Hak Tanggungan 6. Pemsiahan dan Pemecahan, 7. Bikin Sertifikat.

“Jadi ini sangat efisien, semisal orang pengin tahu bagaimana caranya bikin sertifikat tanah syarat-syaratnya apa diaplikasi itu sudah ada. Jadi mereka ke kantor berkas-berkasnya sudah lengkap,” terangnya.

Selain itu melalui video call diaplikasi tersebut, masyarakat juga bisa menanyakan seluruh persoalan pertahanan ‎yang akan tersambungkan dengan operator. Untuk masyarakat yang ingin mengunakan aplikasi ini bisa mendownload melalui website www.bpnjakbar.com/lintas

“Masyarakat bisa memanfaatkan teknologi informasi berupa gadget berbasis android (HP dan Taplet,” tuturnya.

Menurutnya, pelayanan berbasis online ini baru ada di Jakarta, sementara untuk wilayah Jakarta yang lain belum diterapkan. Bambang berharap masyarakat mengatahui program ini dan kemudian bisa menggunakannya untuk kemudahan layanan. “Harapan saya semua kantor juga mengadopsi layanan ini,” jelasnya.

Bambang menambahkan, Kantor Pertanahan Jakarta Barat juga sudah meluncurkan layanan proaktif dengan mobil Larasita (Layanan Rakyat Sertifikasi Tanah) Pelayanan ini merupakan sistem jemput bola dimana Mobil Larasita siap mendatangi masyarakat di berbagai kelurahan diwilayah Jakarta Barat.

“Ini sama aja kaya pelayanan SIM keliling, kalau di kita ada Larasita‎. Mau ngecek laporan permohonan bisa langsung disini,” tuturnya.

Selain itu, BPN Jakbar dalam waktu dekat ini akan membuka pelayanan di mall-mall wilayah Jakarta, seperti Senayan City dan Plaza Senayan. “Tujuanya tetap sama kita ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik, demi terciptanya transparasi,” tutupnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.