Pramuka Terbaik akan Berpetualang di Gunung Gede Pangrango

Pramuka Terbaik akan Berpetualang di Gunung Gede Pangrango
Peserta LT-V mengikuti kegiatan lomba di alam terbuka.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pramuka terbaik seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan Lomba Tingkat V atau LT-V tidak hanya menghabiskan acara di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Mereka juga bakal mengikuti perlombaan dalam bentuk penjelajahan di luar kota Jakarta.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Bidang Pembinaan Anggota Muda Budi Prayitno mengatakan, nantinya peserta akan diajak untuk berpetualang di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Bogor, Jawa Barat, tepatnya di sekitar pemandian air hangat Cipanas.

“Kegiatan di Cibodas dan Cipanas merupakan bagian dari jelajah rimba. Mereka akan berpetualang belajar untuk lebih dekat dengan alam,” ujar Budi di Jakarta, Jumat (13/10).

Budi menjelaskan, kegiatan di luar ruangan seperti penjelajahan alam merupakan salah satu metode pembelajaran di Gerakan Pramuka. Peserta didik kata dia, dibiasakan untuk bisa mengenal dan alam sekitar, sehingga tercipta keseimbangan antara manusia dan alam.

“Kegiatan di alam bebas justru lebih seru dan mengasyikkan dibanding kegiatan di dalam ruangan. Dan di Pramuka kegiatan di luar ruangan persentasinya jauh lebih banyak,” jelasnya.

Selain ke Cibodas dan Cipanas, Budi menambahkan, peserta juga akan dilepas di Monas, Museum Nasional, Istana Negara, Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral. Kegiatan ini disebut jelajah budaya. “Nantinya adik-adik diminta membuat peta perjalanan dan memakai tempat yang dikunjungi,” jelasnya.

Diketahui, LT-V adalah salah satu kegiatan paling bergengsi yang diselenggarakan Kwarnas Gerakan Pramuka. Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah Regu Penggalang (usia 11-15 tahun) yang menjuarai LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kota/kabupaten), dan LT-IV (tingkat provinsi).

Kegiatan yang mengusung tema “Persaudaraan, Mandiri, Prestasi” ini akan diselenggarakan pada 22 – 28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah “Piala Dunianya” Pramuka.

LT-V 2017 diikuti regu Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemenang atau regu berprestasi tinggi dari LT-IV yang diadakan masing-masing Kwarda. Setiap Kwarda mengirimkan regu Putra dan Putri dengan delapan anggota masing-masing regu. (Albar)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.