Popularitas Tommy Soeharto Dongkrak Pamor Partai Berkarya

Popularitas Tommy Soeharto Dongkrak Pamor Partai Berkarya
Tommy Soeharto dalam acara car free day di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (24/9/2017). (Foto: Popi Rahim/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dunia politik tak bisa dipisahkan dari keluarga Cendana, sebutan populer bagi keluarga Presiden kedua RI Soeharto. Soeharto adalah pendiri Golkar, partai yang berkuasa di era Orde Baru. Semasa Soeharto berkuasa, dua anaknya, Mbak Tutut dan Bambang Trihatmodjo, menjadi pengurus inti Golkar (1993-1998).

Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 akibat gerakan reformasi yang dimotori mahasiswa. Pasca mundurnya Soeharto, anak-anak Soeharto tetap berpolitik. Mbak Tutut keluar dari Golkar dan mendirikan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB). Partai ini menjadi peserta Pemilu 2004. Namun, sayangnya partai ini kurang mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Pada Pemilu 2009 Golkar merekrut adik Mbak Tutut, yakni Mbak Titiek Soeharto. Mbak Titiek terpilih sebagai anggota DPR pada Pemilu 2009, dan terpilih lagi sebagai wakil rakyat pada Pemilu 2014.

Buah hati Soeharto lainnya yang juga berpolitik adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Ia menjadi pengurus Golkar, namun tak pernah mencalonkan sebagai anggota DPR pada Pemilu 2009 dan 2014. Belakangan Tommy mendirikan Partai Berkarya.

Popularitas Tommy berhasil mendongkrak pamor Partai Berkarya. Hal ini terbukti dalam waktu relatif singkat Partai Berkarya telah berdiri di seluruh provinsi dan kabupaten/kota. Partai Berkarya harus berjuang ekstra keras untuk lolos dari verifikasi administrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar bisa mengikuti Pemilu 2019.

Tommy Soeharto

Tommy Soeharto dan Ketua Umum Perisai Berkarya Tri Joko Susilo.

“Partai Berkarya siap mendaftar ke KPU pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Kami optimis Partai Berkarya lolos verifikasi,” tutur Tri Joko Susilo, Ketua Umum Perisai Berkarya, sayap Partai Berkarya, ketika dihubungi Obsessionnews.com, Minggu (8/10/2017).

Joko, panggilan akrab orang dekat Tommy Soeharto ini juga menyatakan keyakinannya Partai Berkarya bakal mampu bersaing dengan partai-partai lain dalam merebut hati rakyat. (arh)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.