Sabtu, 20 April 24

Perkuat Pengamanan Terhadap Pegawai KPK yang Beresiko Tinggi

Perkuat Pengamanan Terhadap Pegawai KPK yang Beresiko Tinggi
* Penyidik senior KPK Novel Baswedan dirawat di Rumah Sakit Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Jakarta, Obsessionnews.com – Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong kepada pimpinan lembaga itu untuk segara memperkuat sistem pengamanan yang lebih baik sehingga dapat memastikan keamanan bagi pegawai khususnya yang memiliki resiko tinggi.

Dorongan tersebut disampaikan pasca insiden penyiraman air keras yang dialami oleh penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (11/4/2017), pukul 05.10 Wib di Jalan Deposito Depan Masjid Al Iksan RT.003 RW.010 Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu melawan berbagai bentuk intervensi dan terror terhadap upaya pemberantasan korupsi,” ujar Sekjen Wadah Pegawai KPK, Aulia Posteria melalui siaran persnya.

Teror ini bukanlah yang pertama kalinya menimpa pegawai KPK. Pada tahun 2016, Novel Baswedan ditabrak secara sengaja dengan mobil oleh orang yang tidak dikenal. Pada tahun sebelumnya Afif, salah seorang penyidik KPK mengalami teror berupa ancaman bom dan perusakan mobil miliknya dengan air keras.

Aulia mengatakan berbagai teror tersebut menunjukan bahwa semakin banyaknya pihak-pihak yang ingin melakukan intervensi dalam proses penegakan hukum yang dilakukan KPK. Disisi lain, hal tersebut menunjukan bahwa pengamanan terhadap ancaman teror belum secara optimal dilakukan.

Terlebih saat ini KPK sedang menangani berbagai kasus yang diduga melibatkan pihak-pihak yang mempunyai posisi strategis. Lebih lanjut, intervensi lain juga dilakukan dengan upaya untuk memperlemah kewenangan KPK melalui revisi UU KPK yang semakin gencar dilakukan.

“Hal tersebut membuat kerja-kerja pemberantasan korupsi menjadi terhambat,” katanya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Wadap Pegawai KPK pendorong pimpinannya untuk tidak ragu meneruskan kasus kasus tipikor yang sedang ditangani termasuk untuk menetapkan tersangka, menaikkan ketingkat penyidikan dan segera menuntut dan melimpahkan ke pengadilan.

“Kami tidak takut atas berbagai teror yang menimpa kami. Berbagai teror tersebut akan membuat kami semakin yakin bahwa kami berada dijalan yang benar,” kata dia.

Wadah Pegawai juga menuntut kepada Presiden untuk dapat membongkar berbagai teror kepada KPK melalui pembentukan tim pencari fakta secara independen yang melibatkan berbagai pihak dan menunjukan kebijakan yang mendukung pemberantasan korupsi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.