Perempuan Tani-HKTI Apresiasi Jokowi Bagikan Ribuan Hektare Hutan pada Petani

Perempuan Tani-HKTI Apresiasi Jokowi Bagikan Ribuan Hektare Hutan pada Petani
Ketua Umum Perempuan Tani-HKTI, Dian Novita Susanto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan Surat Keputusan (SK) Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial serta Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan seluas 2.890,65 hektare (ha)  kepada masyarakat di Madiun, Tulung Agung dan Tuban, Jawa Timur.

Presiden didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya membagikan ribuan SK yang tercakup ke dalam 5 gabungan kelompok tani, yaitu kepada LMDH Sumber Lestari, Tulung Agung seluas 663 ha bagi 928 KK, LMPSDH Wonoreso, Madiun seluas 520 ha untuk 58 KK, dan LMPSDH Ngudiwaluyo, Dungus 1.300 ha untuk 354 KK.

Selain itu, Presiden memberikan kepada LMDH Rizki Abadi, Madiun seluas 297 ha untuk 185 KK dan LMDH Ngimbang Makmur, Tuban 77,25 ha untuk 147 KK.

Ketua Umum Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (Tani-HKTI) Dian Novita Susanto mengatakan, langkah dari orang nomor satu RI ini perlu diapresiasi. Seperti diketahui masih banyak hutan di lingkungan masyarakat yang belum termanfaatkan guna meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar hutan.

“Dengan dibagikannya SK tersebut oleh Pak Jokowi, hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru dari sektor pertanian,” ujar Dian saat dihubungi Obsessionnews.com, Selasa (7/11/2017) malam.

Menurutnya, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan kesejahteraan para petani Indonesia agar petani hidup sejahtera. Minimal satu Kartu Keluarga (KK) harus memiliki lahan sebanyak 2 ha.

“Jika kurang dari 2 ha maka antara biaya produksi dan penjualan tumpang tindih,” pungkasnya. (Popi)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.