Pendidikan Nasional Harus Berujung pada Peradaban Bangsa

Pendidikan Nasional Harus Berujung pada Peradaban Bangsa
Anggota DPR Komisi X Ridwan Hisjam.

Kediri, Obsessionnews.com – Anggota Komisi X DPR Ridwan Hisjam mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara mempunyai nilai yang diterapkan dalam segala aspek termasuk pendidikan. Ini sesuai dengan UU Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pendidikan yang dimaksud kata dia adalah pendidikan yang berakar pada nilai agama, kebudayaan, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Artinya Pendidikan Nasional harus bisa berdampak pada pembangunan peradaban sebuah bangsa.

“Dalam amanat konstitusi Pendidikan Nasional sebenarnya bukan hanya sebagai instrumen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tapi juga membangun peradaban bangsa,” ujar Ridwan dalam diskusi di Balaikota Kediri, bersama Presidium MD KAHMI Kediri, Minggu (18/6/2017).

Lebih lanjut Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar ini Pendidikan Nasional bisa dilakukan secara internal dan eksternal. Secara internal yakni menyangkut kebijakan pemerintah yang selanjutnya dirumuskan secara nyata dalam kurikulum pendidikan.

“Hal ini menuntut pemerintah untuk memiliki pandangan yang komprehensif mengenai pancasila dan kandungan nilai yang ada didalamnya,” lanjut Ridwan.

Sedangkan, upaya eksternalisasi Pendidikan Nasional bisa direalisasiakan dalam kehidupan sehari-hari, “Seperti kita mengamalkan setiap pasal, contohnya setiap pemangku kepentingan pendidikan harus beragam, memiliki sikap dan perilaku sesuai nilai moral dalam hidup, membina rasa nasionalisme, mengakui musyawarah mufakat, dan juga selalu bersikap adil,” tutupnya. (Albar).

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.