Jumat, 26 April 24

Peluang Bagus, Pemda Diminta Tingkatkan PAD Lewat Pariwisata

Peluang Bagus, Pemda Diminta Tingkatkan PAD Lewat Pariwisata

Jakarta, Obsessionnews – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dari bulan Januari – November 2014 sebanyak 8.520.077 wisman atau sebesar 94,7% dari target tahun 2014. Akhir tahun 2014 diperkirakan mencapai 9 juta atau mengalami peningkatan 2,25% dibandingkan tahun 2013 sebesar 8,8 juta.

Melihat peluang bagus ini, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ir HM Ridwan Hisjam, mendesak pemerintah daerah (Pemda) bisa melakukan terobosan dalam menyedot wisatawan baik domestik maupun luar negeri. “Konsolidasi dengan industri atau stakeholders pariwisata dan pembenahan internal Pemda yaitu menjadikan pariwisata sebagai leading sector untuk promosi dan menjadi pendukung utama PAD,” tandas Ridwan dalam siaran persnya, Selasa (17/3/2015).

Tak hanya itu, Ridwan juga meminta dalam upaya menarik wisatawan Pemda harus fokus pada pemasaran, pemasaran dan pemasaran “Bagaimana strategi nya, program apa saja yang sudah dirancang,” tandas Politisi Partai Golkar ini.

Selain itu, lanjutnya, Pemda dalam pemasarannya juga harus fokus dalam pengembangan destinasi dan pembinaan dunia usaha menjadi sektor pendukung pariwisata. “Penting juga untuk koordinasi antar lembaga terkait pembangunan kepariwisataan khususnya soal infrastruktur, pajak, permodalan, investasi, perizinan,” jelas Ridwan yang akrab disapa Tatok.

Ia pun mengingatkan, pembangunan bidang pariwisata merupakan salah satu upaya memberdayakan dan memanfaatkan potensi sosial budaya daerah. Pariwisata merupakan sumber daya yang tidak pernah habis. “Bidang pariwisata memiliki potensi besar sebagai sumber utama pendapatan asli daerah (PAD) yang dipergunakan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat,” tegas Mantan Pimpinan DPRD Jawa Timur ini. (Asma)

Related posts