Panglima TNI: Kalau Tidak ada Pancasila Indonesia Sudah Pecah

Panglima TNI: Kalau Tidak ada Pancasila Indonesia Sudah Pecah
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Panglima TNI, Gatot Nurmantyo mengatakan dalam kondisi persaingan global yang semakin menguat, Indonesia beruntung masih memiliki daya ikat yang kuat yakni Pancasila. Gatot mengatakan, bila tidak ada Pancasila, mungkin Indonesia sudah bubar pecah menjadi berbagai negara.

Hal itu disampaikan oleh Gatot saat memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika London School of Public Relations (LSPR), Jakarta Pusat, Jumat (11/8). Ia menyatakan, banyak negara di dunia pecah karena konflik internal, di mana negara tidak mampu mencegah perbedaan pandangan yang terjadi di masyarakat.

“Yogoslavia jadi tujuh negara, Sudan jadi dua negara dan Uni Soviet jadi 15 negara, kita perbedaannya sangat baik karena ada Pancasila, beruntung kita punya pancasila. Itulah mengapa saya titipkan bangsa ini kepada dosen dan mahasiswa sini,” kata Gatot.

Gatot menyebutkan mahasiswa LSPR yang lulusannya akan berhubungan dengan publik perlu untuk memahami kondisi bangsa. Sebagai orang dekat dengan publik, tentu mereka akan menjadi orang yang dapat membangun suatu opini.

“Maka saya perlu memberikan penjelasan tentang kondisi global mengapa terjadi kompetisi global kemudian tantangan tantangannya dan apa yang harus dilakukan. Saya memberikan di sini (LSPR) karena dalam pendidikan ini nanti menjadi PR (hubungan publik),” demikian Gatot. (Albar)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.