Jumat, 26 April 24

Olahraga Ekstrem dengan Biaya Mahal

Olahraga Ekstrem dengan Biaya Mahal

Olahraga merupakan kegiatan yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Banyak jenis olahraga yang ias dilakukan. Mulai dari yang ringan, berat, hingga ekstrem. Biaya yang dibutuhkan pun cukup beragam, dari yang terjangkau hingga yang sangat mahal pun ada. Berikut beberapa olahraga ekstrem dengan biaya cukup mahal:

Climbing

Climbing atau olahraga panjat adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan, terutama di sekitar tangan dan kaki. Olahraga panjat sendiri bisa dilakukan baik di wall (tembok yang telah di pasang point), tebing biasa, atau tebing es.

Selain membutuhkan keberanian, olahraga yang satu ini juga membutuhkan biaya yang sangat mahal. Kegiatan memanjat membutuhkan peralatan yang bisa menjamin keamanan penggunanya, seperti pakaian, sepatu, harness, helm, dan masih banyak yang lainnya. Belum lagi biaya pelatihan memanjat yang juga memakan biaya tidak sedikit. Selain itu, biaya asuransi yang dikeluarkan juga terbilang cukup tinggi untuk sebuah kegiatan olahraga.

Untuk bisa melakukan kegiatan ini, seorang pemanjat harus menyediakan dana setidaknya Rp 67.796.875 untuk membeli peralatan yang dibutuhkan.

Wingsuiting

Wingsuiting adalah salah satu olahraga yang juga melibatkan ketinggian. Terjun bebas dengan menggunakan pakaian khusus, membuat olahraga ini sangat menguji adrenalin para penggiatnya. Pakaian yang digunakan memiliki bagian sedikit lebar di sisi kanan dan kiri tubuh. Oleh sebab itulah, wingsuiting masuk dalam jajaran olahraga ekstrem di dunia.

Untuk dapat melakukannya Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Biaya yang disediakan tidak hanta untuk membeli perlengkapan pribadi saja, Anda juga memerlukan pesawat untuk membawa Anda mengudara. Setidaknya, biaya yang harus disediaka berjumlah lebih dari Rp 100.000.000.

Base Jumping

Tidak jauh berbeda dengan Wingsuiting, olahraga Base Jumping juga melibatkan ketinggian dan adrenalin besar. Jika Wingsuiting dilakukan dengan terjun dari atas pesawat, maka olahraga yang satu ini akan membuat Anda terjun dari jembatan, gedung, atau tempat tinggi lainnya. Hanya saja, kebanyakan orang lebih memanfaatkan tebing untuk melakukan base jumping.

Perbedaan lain antara wingsuiting dengan base jumping adalah penggunaan pakaian yang digunakan pada olahraga base jumping ini berbeda dengan pakaian yang digunakan untuk wingsuiting.

Paralayang

Melompat dari ketinggian dengan menggunakan parasut berukuran besar, paralayang menjadi kegiatan yang sangat mengandalkan angin. Peran angin disini berguna untuk menerbangkan seseorang ke ketinggian dan menjauh dari tempatnya lepas landas.

Seluruh perlengkapan yang digunakan biasanya berbahan ringan untuk memudahkan penggunanya terbang diketinggian. Olahraga yang tidak jauh berbeda jengan base jumping dan wingsuiting ini memerlukan kesiapan mental dan fisik yang sangat matang. Terutama bagi yang tidak terbiasa dengan ketinggian.

Mendaki Gunung Es

Kegiatan yang mulai banyak digandrungi ini, sebenarnya masuk dalam daftar olahraga ekstrem. Terlebih jika ingin mendaki gunung dengan ketinggian diatas 4.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan medan licin dan bersalju. Jalur yang terjal dan temperatur udara yang dingin membuat pendaki harus menyiapkan fisik dan mental dengan matang.

Selain itu, perlengkapan yang digunakan pun harus dalam kondisi yang baik. Untuk biaya pendakian, seorang pendaki harus menyediakan anggaran khusus, tidak hanya untuk membeli perlengkapan. Tapi juga untuk biaya perawatan dan biaya pendakian nantinya.

Ski Jumping

Berada di wilayah bersalju membuat olahraga ini masuk dalam jajaran olahraga ekstrem. Ski jumping yang membutuhkan kemampuan khusus, membuat para penggiatnya rajin berlatih untuk memperkecil resiko cedera.

Olahraga yang satu ini bisa dilakukan baik di lintasan, atau dipegunungan dengan permukaan bersalju. Untuk bisa melakukan ski jumping, biaya yang harus disediakan berada di kisaran Rp100 juta.

Bobsledding

Olahraga bobsledding dilakukan di atas sebuah kereta salju. Satu kereta biasanya diisi dua sampai empat orang dan jika dalam pertandingan, peserta pria akan dipisahkan dengan peserta wanita. Kereta salju yang digunakan akan meluncur di sebuah lintasan bersalju dengan jalur berkelok.  Para pemain bobsledding akan menggunakan pakaian khusus, helm, kacamata ski, dan sepatu khusus.

Kayak

Kayak adalah salah satu olahraga air yang mengharuskan seseorang mengarungi sebuah sungai dengan aliran deras dan memiliki jeram. Tidak jauh berbeda dengan olahraga arung jeram, olahraga ini juga membutuhkan kekuatan otot tangan untuk mendanyung perahu kayak. Satu perahu biasanya hanya bisa digunakan untuk satu orang. Peralatan yang dibutuhkan ialah pakaian, helm, dayung, perahu, dan pelampung.

Memiliki hobi dengan melakukan olahraga ekstrem mungkin menjadi salah satu kegiatan yang menantang. Namun resiko besar juga akan dihadapkan di depan para penggiat kegiatan ini. Maka tak ayal jika biaya asuransi dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Sebut saja olahraga panjat tebing, biaya asuransi yang harus dikeluarkan dalam sebulan bekisar Rp10 juta.  (Indah Kurniasih)  

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.