Kamis, 16 Mei 24

Mahasiswa FK UGM Pertahankan Gelar Juara Olimpiade Fisiologi Internasional

Mahasiswa FK UGM Pertahankan Gelar Juara Olimpiade Fisiologi Internasional
* Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, ini meraih juara 1 dalam olimpiade fisiologi tingkat internasional Inter-Medical School Physiology Quiz (IMSPQ) ke-14 di FK UGM pada 29-30 Juli 2016.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Alfin Harjuno, Aditio Artyasa, Fitrawan Silvano, Maria Patricia, dan Yolanda Kadir, yang merupakan tim mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, mengharumkan nama UGM. Kelima mahasiswa tersebut berhasil meraih juara 1 dalam olimpiade fisiologi tingkat internasional Inter-Medical School Physiology Quiz (IMSPQ) ke-14 di FK UGM pada 29-30 Juli 2016. Mereka secara gemilang menyisihkan 81 tim lain dari berbagai negara di dunia.

IMSPQ merupakan olimpiade antar mahasiswa kedokteran dari berbagai kampus kedokteran dunia untuk berkompetisi di bidang pengetahuan fisiologi. IMSPQ tahun ini diikuti 349 peserta terdiri dari 82 tim yang berasal dari 23 negara dunia.

Peserta olimpiade berasal dari Indonesia, Bosnia, Brunei Darussalam, Kamboja, China, Hong Kong, India, Jepang, Filipina, Thailand, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapura, dan lain sebagainya.

Fitrawan Silvano mengaku senang dan bangga atas prestasi yang telah diraih. Hasil ini merupakan kerja keras tim mahasiswa dan dukungan dosen pembimbing, pihak fakultas serta universitas.

“Tahun lalu tim FK UGM meraih juara 1 dalam IMSPQ di Malaysia. Jadi, sangat senang karena bisa mempertahankan gelar juara di Olimpiade bergengsi ini,” katanya di Kampus UGM seperti dikutip dari siaran pers Humas UGM, Minggu (30/7/2016).

Fitrawan menjelaskan, perjuangan menjadi yang terbaik bukanlah hal yang mudah. Pasalnya seluruh anggota tim mereka merupakan mahasiswa angkatan tahun pertama di FK UGM.

“Semuanya anggota tim merupakan angkatan 2015. Jadi belum banyak pengetahuan yang kami peroleh. Karenanya kami harus berjuang keras dalam kompetisi ini,” paparnya.

Kendati begitu mereka tetap bersemangat mengikuti kompetisi ini. Mereka berusaha menampilkan kemampuan terbaik dalam setiap tahapan tes yang berlangsung secara ketat. Terdapat tiga babak dalam kompetisi ini, yaitu babak penyisihan berupa tes tertulis, babak semi final berupa tes lisan dalam tiga tahapan, dan final berbentuk cerdas cermat.

Tiga tim terbaik saling beradu di final dan tim FK UGM berhasil mengalahkan Mahidol University, Thailand dan De La Salle University Health Sciences Institute, Filipina,” jelasnya. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Bimbel Online Whasabbi Ala Mahasiswa UGM

Wow, Keren! Inilah Pasta Gigi Herbal Inovasi Mahasiswa UGM

Anak dari Keluarga Berekonomi Lemah Ini Diterima di FEB UGM

Mengagumkan! Tias, Anak Penjual Es Diterima Kuliah di UGM

Hebat! Novi, Anak Buruh yang Diterima Kuliah di FH UGM

Dahsyat! Obsesi Anak Sopir Angkot Ini Kuliah di UGM Terwujud

Luar Biasa! Anak Pemulung Ini Sukses Masuk FK UGM

Kisah Inspiratif! Erwan, Anak Tukang Ojek yang Diterima di UGM

Luar Biasa! Anak Kuli Bangunan Ini Diterima di UGM

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.