Minggu, 19 Mei 24

Luar Biasa! Dukungan KTP Ahok-Heru Meroket

Luar Biasa! Dukungan KTP Ahok-Heru Meroket
* Sejumlah warga antusias mengisi formulir dukungan untuk Ahok-Heru di booth (stan) Teman Ahok di sebuah mal di Jakarta.

Jakarta, Obsessionnews – Dukungan Partai Hanura dan Partai Nasdem terhadap Ahok-Heru berdampak positif dalam gerakan penggalangan sejuta KTP yang dilakukan oleh relawan Teman Ahok.

Berdasarkan data yang dirilis Teman Ahok perolehan KTP meroket dari 280.877 KTP pada Jumat (25/3) menjadi 304.947 KTP pada Sabtu (26/3), atau meningkat sebanyak 24.070 KTP.

Beberapa lembaga survei menyebut mayoritas warga DKI Jakarta menyukai Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto MI/Arya Manggala)

Perolehan KTP sebanyak itu menakjubkan , karena penyebaran formulir dukungan untuk Ahok-Heru mulai efektif Jumat (11/3), atau belum berusia sebulan.

Dan yang mengejutkan perolehan KTP tersebut mengalahkan perolehan lima suara partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 di DKI. Kelima parpol tersebut adalah PKPI yang mendapat 42.217 suara, PBB (60.759 suara), PAN (172.784 (suara), Nasdem (206.117 suara), dan PKB (260.159 suara).

Teman Ahok bertekad melibas enam parpol lain yang perolehan suaranya di atas KTP Ahok-Heru, yakni Hanura (357.006 suara), Partai Demokrat (360.929 suara), Golkar (376.221 suara), PKS (424.400 suara), PPP (452.224 suara), Partai Gerindra (592.568 suara), dan PDI-P (1.231.843 suara).

Teman Ahok menargetkan syarat minimum yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 532.000 KTP tercapai pada akhir Mei 2016, dan target sejuta KTP terealisir pada akhir Juni 2016. Pendaftaran calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di KPUD DKI pada Agustus 2016. Sedangkan Pilkada akan digelar pada 15 Februari 2017.

Ahok, sapaan populer Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, meminta Teman Ahok mengumpulkan sejuta KTP sesuai target awal. Ahok beralasan apabila ada KTP yang diverifikasi KPUD DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih ada stok.

Mantan Bupati Belitung Timur ini memilih Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Heru Budi Hartono sebagai wakilnya di Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui jalur independen. Duet Ahok-Heru  yang diusung Teman Ahok dideklarasikan pada Senin (7/3).

Ahok mendapat dukungan dari Hanura. Partai besutan Wiranto ini mendeklarasikan dukungannya pada Ahok Sabtu (26/3). Dalam deklarasi yang dihadiri Ahok di kantor DPP Hanura tersebut, Ketua DPD Hanura DKI Mohamad Ongen Sangaji mengatakan, Hanura adalah partai yang berorientasi pada hati nurani rakyat. Hanura menilai, Ahok secara nyata memberikan hasil maksimal bagi masyarakat DKI Jakarta.

“Beberapa lembaga survei menyebutkan, 70 persen masyarakat DKI Jakarta menyukai Ahok. Elektabilitas Pak Ahok tinggi,” kata Ongen.

Sebelumnya dukungan juga diberikan oleh Nasdem. Partai pimpinan Surya Paloh ini secara resmi mendeklarasikan dukungannya pada Ahok Jumat (12/2).

Hanura dan Nasdem sepakat mendukung Ahok tanpa syarat, yakni mempersilakan Ahok maju melalui jalur independen. Kedua parpol tersebut membantu Teman Ahok mempercepat pengumpulan sejuta KTP. (arh) @arif_rhakim

Baca juga:

Hanura: 70 Persen Masyarakat DKI Suka Ahok

Ahok Tetap Tegar di Tengah Badai

Darwis Triadi: Wajah Ahok Jujur, Tegas, dan Komitmen

Kagum, PSI Langsung Dukung Ahok

Dijegal di Jalur Independen, Ahok Bisa Maju Lewat Parpol

Ayo, Teman Ahok, Buktikan Mampu Kumpulkan 1 Juta KTP!

Mengejutkan! KTP Ahok-Heru Kalahkan Lima Parpol

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.