Kamis, 25 April 24

Kemensos Deklarasikan Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017

Kemensos Deklarasikan Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017
* Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Sosial menggelar deklarasi Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017 di Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2016). Pada deklarasi itu Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa hadir di tengah-tengah ratusan anak-anak jalanan.

Hadir juga dalam acara tersebut Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Rafli Amar, Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ali Taher, dan para pejabat Kemensos. Dalam acara itu dua anak membacakan deklarasi untuk tidak kembali ke jalan.

Untuk memeriahkan suasana, acara diisi dengan tarian dan lagu-lagi anak serta pertunjukan lainnya. Bahkan Mensos juga sempat menari bersama anak-anak.

Menurut Khofifah, acara Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017 itu merupakan lanjutan dari deklarasi bebas anak jalanan yang telah dilakukan pada 2015. Deklarasi itu juga sudah dilakukan bersama sejumlah kepala daerah dengan koordinasi yang terus dilakukan.

Menurut catatan Kemensos, jumlah anak jalanan pada 2015 sebanyak 33.400 anak tersebar di 16 Provinsi. Sementara Anak jalanan yang mendapatkan layanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) baru mencapai 6.000 pada 2016.

“Jumlah anak jalanan tertinggi di DKI Jakarta sebanyak 7.600 anak, disusul Jawa Barat dan Jawa Tengah sebanyak 5.000-an anak dan 2.000-an anak di Jawa Timur,” kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan, masyarakat bersama pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota memiliki tanggung jawab yang sama untuk menangani persoalan anak jalanan. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.