Jumat, 26 April 24

Kemenkop Dorong KSP/USP Kembangkan Jaringan Kerjasama

Kemenkop Dorong KSP/USP Kembangkan Jaringan Kerjasama
* Asdep Simpan Pinjam pada Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Ahmad Husein.

Denpasar, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi (KSP/USP) untuk mengembangkan jaringan kerjasama usaha antar koperasi dan lembaga pembiayaan lainnya.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Simpan Pinjam pada Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM  Ahmad Husein saat memberi arahan pada acara Forum Komunikasi Advokasi Kerjasama Antar Usaha Simpan Pinjam Koperasi Provinsi Bali, di Denpasar, Selasa (3/10/2017).

“KSP/USP Koperasi perlu bersinergi dalam bentuk kerjasama antar usaha, supaya dapat saling mendukung dengan mengoptimalkan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki masing-masing pihak dengan fokus yang mengarah pada pemberdayaan UMKM,” kata Ahmad Husein.

Untuk pembentukan jaringan kerjasama atau kemitraan antar usaha koperasi tersebut, peran pendamping sangat penting, sehingga proses pembentukannya dapat berjalan dengan lancar.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Bali I Dewa Nyoman Patra, Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Braman Setyo, Pakar Koperasi Suwandi, dari World Bank Nasirwan, Kadiskop se provinsi Bali, pengurus/pengelola/manajer koperasi dan para pendamping koperasi.

Pada acara tersebut juga ditandatanganani Kesepakatan Kerjasama antar Usaha Simpan Pinjam Koperasi, pelaku koperasi, koordinator pendamping provinsi, yang diaaksikan Asdep Simpan Pinjam pada Deputi bidang Pembiayaan dan Kadiskop UKM Provinsi Bali.

“Kerjasama dan kesepakatan ini perlu dilakukan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi yang tidak mungkin dilakukan oleh koperasi primer secara sendiri-sendiri,” kata Husein.

Kadiskop UKM Propinsi Bali I Dewa Nyoman Putra mengatakan, 4.900 Koperasi yang ada di Bali dapat dijadikan wadah berkoordinasi dan sinergi, sehingga koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa dapat meningkatkan ekonomi rakyat.

Melalui jaringan kerjasama usaha KSP/USP ini, imbuh Nyoman Putra, secara bertahap menjadikan koperasi berkembang dan dapat meningkatkan KSP dan USP yang tangguh dan sehat untuk meningkatkan angggotanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.