Jumat, 26 April 24

Kaget BBM Naik, Solusi Pengeluaran Bulanan Tetap Ada

Kaget BBM Naik, Solusi Pengeluaran Bulanan Tetap Ada
* Pom bensin.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ternyata pemerintah telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax series, Pertalite dan Dexlite sebesar Rp300 per liter.

Ahmad Setiyo, seorang pengguna motor asal Jakarta Selatan mengaku kaget dengan kenaikan harga BBM mendadak saat ini yang tanpa pemberitahuan atau sosialisasi dulu. Pasalnya, selang sehari dia membeli BBM harganya sudah naik.

“Waktu kemarin saya beli bensin di daerah Apera, harga pertalite masih Rp 7050 per liter. Eh… pas Saya tadi beli harganya sudah naik jadi Rp 7350 per liter,” ungkap Setiyo kepada Obsessionnews.com di pom bensin Alteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (6/1/2017).

Dia mengaku kecewa atas kenaikan harga BBM tersebut, karena kenaikan itu tanpa sosialisasi yang gencar dari pemerintah.

“Biasanya pemerintah kalau menaikkan harga bensin ada pemberitahuan yang gencar, seperti diberitakan di media-media,” sesal Setiyo.

Walaupun kenaikan harga BBM tak begitu banyak, dia merasa harus mengeluarkan uang lebih untuk bensin setiap bulannya. 

Berita tentang kenaikan harga BBM ini menjadi trending topic di mesin pencari google. Dari pengamatan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Jumat (6/1/2017), hingga pukul 14.34 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 20.000 kali.

Tips Menyiasati Pengeluaran BBM Per Bulan

Berikut ini disampaikan tips menghemat pengeluaran terkait kenaikan BBM. Kenaikan BBM itu membuatmu kembali menghitung uang bulanan. Meskipun naiknya hanya Rp 300, tapi tetap saja menambah pengeluaran.

Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar menyiasati agar pengeluaranmu tidak lebih banyak dari pendapatan, berikut empat cara kamu menyiasati pengeluaran dalam sebulan :

1. Kamu harus benar-benar menghitung, berapa liter bensin yang kamu butuhkan untuk satu bulan. Itu artinya, kamu harus punya gambaran, akan ke mana saja kamu selama satu bulan ini, selain dari rumah ke kantor atau kampus.

2. Tapi apa jadinya kalau kamu tiba-tiba harus pergi ke suatu tempat yang jauh? Kamu pasti butuh lebih banyak bahan bakar. Nah, kalau ini, kamu memang harus punya uang jaga-jaga. Jangan sampai kamu kehabisan tabungan hanya karena hal yang tak terduga.

3. Meskipun kamu tak berencana untuk bepergian ke tempat yang jauh, kamu tetap harus menabung untuk anggaran BBM yang kadang tak terduga. Jadi, sisihkan kembalian dan juga kurangi jajan.

4. Cara yang paling terakhir adalah dengan menambah pendapatanmu. Ya, kamu mungkin ingin mencari pekerjaan tambahan. Tapi kamu harus pintar-pintar dalam menyeimbangkan antara pekerjaan paruh waktu dan juga pekerjaan tetap. Keempat cara ini berguna buat kamu yang merasa harga BBM terbaru agak sedikit mahal dan juga menambah pengeluaran, meskipun sedikit. (Purnomo)

Sumber

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.