Sabtu, 27 April 24

Jokowi Tegaskan Tak Intervensi KPK untuk Selamatkan Adik Iparnya

Jokowi Tegaskan Tak Intervensi KPK untuk Selamatkan Adik Iparnya
* Presiden Jokowi.

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut adik iparnya, Arif Budi Sulistyo, jika terlibat dalam kasus dugaan suap pajak PT Eka Prima Ekspor Indonesia.

“Ya diproses hukum saja,” ujar Jokowi saat dikonfirmasi wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Arif Budi Sulistyo saat ini menjabat sebagai Direktur Operasional PT Rakabu Sejahtera. Namanya disebut dalam surat dakwaan jaksa KPK terhadap Country Director PT Eka Prima Ekspor Indonesia, Ramapanicker Rajamohanan Nair.

Presiden Jokowi mengatakan, setiap warga harus menghormati proses hukum yang sedang berjalan di KPK. Dia percaya KPK dapat bekerja secara profesional.

“Dan saya yakin KPK bekerja profesional dalam proses semua kasus,” tegas Jokowi.

Jokowi sejak awal menjabat sudah menegaskan kepada semua pihak untuk tidak percaya dengan orang yang mengaku keluarga Presiden dan bisa melancarkan sebuah proyek. Penegasan itu bahkan sudah dituangkan dalam sebuah surat edaran.

“Saya tidak hanya mengeluarkan surat, tapi sebelumnya mungkin lebih dari 5 kali. Sidang kabinet, pertemuan dengan dirut dirut BUMN semua saya sampaikan. Saya kira penjelasan yang sangat jelas,” pungkas Jokowi.

Arif dalam dakwaan itu disebut turut membantu praktik suap antara Rajamonahan dengan pejabat Ditjen Pajak, Handang Soekarno.

Dalam perkara ini, Rajamohanan didakwa menjanjikan fee kepada Handang sebesar Rp 6 miliar terkait pengurusan pajak PT Eka Prima Ekspor Indoensia. Dari jumlah tersebut sebagian uang akan diberikan kepada Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus, Muhammad Haniv.

Namun, saat baru terjadi penyerahan pertama, Rp1,9 miliar, Handang dan Rajamohanan ditangkap oleh petugas KPK. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.