Kamis, 25 April 24

Jenis-jenis Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez

Jenis-jenis Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez
* Selena Gomez.

Obsessionnews.com – Baru umur 25 tahun, penyanyi Selena Gomes menderita penyakit lupus sejak dua tahun lalu. Dikabarkan ia baru saja menjalani operasi transplantasi ginjal. Selena Gomez mengucapkan terima kasih kepada temanya Francia Raisa yang sudah rela mendonorkan ginjalnya demi kesembuhannya.

Selena Gomez mengungkap hal itu melalui sebuah foto di Instagram. Dalam foto itu, Gomez berbaring di ranjang rumah sakit di samping aktris Francia Raisa. “Tidak ada kata yang bisa menjelaskan rasa terima kasihku kepada sahabatku Francia Raisa,” tulisanya.

“Dia sudah memberi saya hadiah luar biasa dan pengorbanan dengan mendonasikan ginjalnya padaku. Aku sangat diberkati. Aku sangat menyayangimu,” lanjut perempuan kelahiran 22 Juli 1992 itu.

Sebenarnya apa penyakit Lupus?

Diketahui Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit otoimun, sebuah kondisi saat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri.

Dalam kondisi normal sistem ini bertugas mempertahankan diri terhadap serangan dari luar seperti bakteri dan virus, tetapi pada penyakit otoimun yang terjadi adalah sebaliknya, sistem imunnya menyerang organ-organ tubuhnya sendiri

Prof. Dr. dr. Heru Sundaru, SpPD, K-AI dalam tulisannya di situs medistra.com, menyebut sejauh ini dikenal ada dua jenis penyakit lupus yakni:

1. Lupus Diskoid, memiliki bercak kemerahan seperti uang logam di kulit muka atau bagian badan lainnya termasuk kulit kepala. Lupus jenis ini terbilang jinak dan jarang berkembang menjadi lupus sistemik.

2. Lupus Eritemaousus Sistemik (LES), sering disebut Sistemic Lupus Erythematosus (SLE) dalam bahasa Inggris. Eritema berarti kemerahan sedangkan sistemik artinya tersebar ke berbagai organ tubuh. Eritema berarti kemerahan sedangkan sistemik artinya tersebar ke berbagai organ tubuh.

LES inilah jenis lupus yang lebih dikenal masyarakat umum sebagai penyakit lupus. LES dapat menyerang jaringan serta organ tubuh mana saja dengan tingkat gejala yang ringan sampai parah. LES dapat bermanifestasi dalam berbagai bentuk (penyakit kulit, sendi, darah, ginjal, paru dan sebagainya), sehingga sulit untuk menentukan berapa sering penyakit ini terdapat di masyarakat.

Berita tentang lupus itu menjadi trending topic di mesin Google sejak kemarin, Jumat (15/9/2017) hingga Sabtu (16/9). Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Sabtu (16/9) hingga pukul 08.25 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 20.000 kali. (Albar)

Related posts