Jenderal Gatot Ditolak AS, Dubes Donovan Merasa Tak Nyaman

Jenderal Gatot Ditolak AS, Dubes Donovan Merasa Tak Nyaman
Dubes AS untuk Indonesia, Joseph Donovan. (Dok. US Embassy, Jakarta)

Jakarta, Obsessionnews.com – Penolakan warga biasa berkunjung ke Amerika Serikat (AS) merupakan hal yang biasa. Namun apa jadinya ketika pejabat tertinggi kemiliteran di Indonesia ditolak masuk ke negara adikuasa itu?

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi alasan apa sebenarnya yang terjadi mengapa Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan istri, Enny Trimurti,  beserta delegasi tidak boleh memasuki wilayah AS.

Padahal Gatot mendapat undangan resmi dari Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization pada 23-24 Oktober di Washington DC.

Panglima TNI ditolak masuk AS ini disampaikan oleh US Custom and Border Protection melalui maskapai Emirates di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (21/10/2017). Saat itu Gatot melakukan check in akan berangkat ke AS  dengan maskapai Emirates bernomor penerbangan EK 0357.

“Panglima TNI siap berangkat (ke AS). Beberapa saat sebelum keberangkatan ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan bahwa Panglima TNI beserta delegasi tidak boleh memasuki wilayah AS,” jelas Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Wuryanto di Kantor Panglima TNI, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2017).

HIngga saat ini Kedutaan Besar AS terus berkomunikasi dengan staf Panglima TNI sepanjang akhir pekan, berusaha untuk memfasilitasi perjalan Jenderal Gatot ke AS.

Dubes AS Joseph Donovan Jr telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Panglima TNI.

“Kedubes AS telah siap untuk memfasilitasi perjalanan Panglima TNI ke AS. Kami tetap menjaga komitmen kami untuk kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran baik bagi bangsa maupun masyarakat di kedua negara,” demikian pernyataan resmi dari kedutaan AS di Jakarta.

Munculnya berita tentang Panglima TNI Ditolak Masuk AS ini menjadi trending topic di mesin pencari google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Senin (23/10/2017) pukul 11.47 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 50.000 kali. (Popi)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.