Jadi Viral, Perempuan Muslim Senyum Hadapi Pendemo Rasis

Jadi Viral, Perempuan Muslim Senyum Hadapi Pendemo Rasis
Foto Saffiyah Khan diambil dalam aksi unjuk rasa yang diadakan oleh kelompok Liga Pertahanan Inggris (EDL) di Centenary Square, Birmingham. (BBC)

Birmingham – Sebuah foto yang memperlihatkan seorang perempuan Muslim tengah tersenyum pada pengunjuk rasa dari kelompok ultra kanan Liga Pertahanan Inggris (EDL) di Birmingham beredar viral setelah ia maju membela ‘rekan sesama orang Birmingham.’

Seperti dilansir bbc.com, Senin (10/4), foto Saffiyah Khan tersebut sudah dibagikan ribuan kali sejak diambil dalam demonstrasi yang berlangsung pada Sabtu (8/4/2017).

Perempuan warga kota Birmingham itu mengatakan, dirinya turun tangan saat melihat perempuan lain dikelilingi oleh sekitar 25 pria.

Para pengunjuk rasa dari Liga Pertahanan Inggris (EDL) mengatakan bahwa ia mengganggu upacara hening cipta selama satu menit bagi para korban serangan teror.

Saffiyah Khan, yang mengaku bukan bagian dari aksi tandingan terorganisir itu mengungkapkan kepada BBC bahwa ia ‘cukup terkejut’ bahwa fotonya sudah re-twit di seluruh dunia.

“Saya tidak suka melihat orang dikeroyok di kota saya,” katanya.

Dikerumuni dari Segala Penjuru
Ia mengatakan pada awalnya ia senang ‘berada di tengah-tengah unjuk rasa,’ namun ia tak bisa tinggal diam dan ‘merangsek maju’ saat ada perempuan lain meneriakkan kata “Islamophobia” kepada salah satu anggota EDL yang berkumpul di Centenary Square.

“Sekelompok pemuda EDL berbadan tegap, yang jumlahnya sekitar 25 orang, mengepungnya,” katanya.

“Ia dikerumuni dari segala penjuru. Lalu, saya melangkah untuk maju dan memperkenalkan diri sebagai orang yang mendukung perempuan itu dan menentang mereka.”

Setelah ia melangkah maju, Saffiyah Khan mengatakan, para pengunjuk rasa jadi mengelilinginya, yang membuat seorang fotografer dari Press Association mengabadikannya.

Saffiyah Khan, yang lahir di Inggris dan keturunan Pakistan dan Bosnia itu, mengatakan dirinya ‘tidak merasa terintimidasi sedikit pun.’

“Ia menunjuk-nunjuk saya dengan menempelkan telunjuknya ke wajah saya. Sangat agresif. Seorang polisi ada di sana dan pria itu melepaskan telunjuknya dari wajah saya. Saya tidak akan menanggapinya dengan kekerasan,” tambah Saffiyah Khan menceritakan seorang pria dari kelompok EDL yang menghampirinya.

Sejumlah orang membagikan foto Khan diantaranya, Piers Morgan, yang menyebutnya sebagai ‘foto pekan ini,’ dan anggota parlemen Birmingham dari Partai Buruh, Jess Phillips.

Organisasi EDL di Facebook mereka menuding Saffiyah Khan sebagai bagian dari kelompok yang mengganggu acara hening cipta satu menit untuk mengenang para korban serangan teror di Stockholm. (bbc.com)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.