Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik ke Kampung Halaman

Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik ke Kampung Halaman

Tangerang, Obsessionnews.com – Mudik ke kampung halaman adalah tradisi yang selalu dilakukan oleh umat Muslim Indonesia sekaligus merayakan hari raya Idul Fitri. Bagi masyarakat yang hendak mudik perlu diperhatikan beberapa hal untuk memastikan rumah yang ditinggalkan aman dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikut sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik seperti dikutip dari imbauan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan, Ahad (18/6/2017)

1. Hindari menunjukkan seperti rumah kosong. Perhatikan lampu rumah yang dalam keadaan terus menyala. Kalau perlu, pasang lampu otomatis yang dapat menyala dan mati dalam waktu yang diinginkan. Taruh sandal di luar rumah.

2. Jangan meninggalkan barang berharga Anda, seperti uang dan perhiasan, di dalam rumah. Lebih baik, simpan saja barang berharga tersebut di bank atau titipkan ke orang yang dipercaya.

3. Sebelum berangkat, pastikan pintu dan jendela benar-benar dalam keadaan terkunci. Kemudian, jangan menyimpan kunci cadangan di bawah keset atau pot bunga. Lebih baik titipkan kepada tetangga untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Sebelum berangkat, matikan semua listrik yang tidak diperlukan. Hal ini untuk menghindari adanya arus pendek yang menyebabkan kebakaran.

5. Titipkan rumah kepada tetangga atau satpam terdekat sekitar rumah yg tidak mudik.  Pinta mereka untuk memeriksa keadaan rumah dalam waktu berkala.

6. Jangan lupa mencabut aliran tabung gas.

7. Jangan sesumbar di media sosial. Terkadang, mengumbar segala hal di media sosial dapat menjadi sumber malapetaka. Tidak perlu mengumumkan kepada publik bahwa Anda akan pergi ke luar kota bersama keluarga, apalagi sampai menjelaskan secara detail mengenai kondisi rumah yang kosong.

8. Catat nomor HP, Kantor Polisi, atau Binmas terdekat.

(Albar)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.