Jumat, 19 April 24

Hebat! Ahok Telah Penuhi Syarat Berlaga di Pilkada DKI 2017

Hebat! Ahok Telah Penuhi Syarat Berlaga di Pilkada DKI 2017
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Obsessionnews – Ini kabar gembira buat para pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Para relawan ‘Teman Ahok’ berhasil mengumpulkan KTP yang melewati syarat minimal jumlah KTP untuk berlaga di Pilkada DKI 2017 mendatang melalui jalur independen.

Bergerilya sejak Juni 2015 ‘Teman Ahok’ telah berhasil mengumpulkan 533.374 KTP hingga Jumat (25/12). Angka tersebut melewati syarat minimum pengumpulan KTP, yakni 532.000 KTP.

Baca juga:

Doakan Ahok Tetap Terjaga dari Godaan Korupsi

Dukungan KTP Untuk Ahok Terus Bertambah

Keren! Relawan ‘Teman Ahok’ yang Fenomenal

Mantap! Lewati Setengah Juta KTP, Ahok Optimis Dapat Tiket Pilkada

Karena bertepatan dengan Hari Raya Natal, ‘Teman Ahok’ mendedikasikan keberhasilan  tersebut sebagai hadiah natal untuk Ahok.

“Keberhasilan mencapai syarat minimum ini kita jadikan sebagai kado Natal untuk Pak Ahok. Dan ini bukan dari ‘Teman Ahok’. Ini dari ratusan ribu warga Jakarta yang berterima kasih atas kinerja Pak Gubernur,” kata Singgih Widyastomo, salah seorang pendiri ‘Teman Ahok’, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/12).

Meski merupakan sebuah kabar gembira,  Singgih menghimbau para relawan untuk tidak larut dalam kegembiraan.

“Kado untuk Pak Ahok ini memang adalah kegembiraan. Namun, perjuangan masih panjang. Ini baru syarat minimum. Dari target kita sendiri ini baru setengah dari satu juta KTP, jumlah yang juga disyaratkan oleh Pak Ahok,” ujarnya.

Singgih berharap perolehan 533.374 KTP ini semakin memacu semangat ‘Teman Ahok’ untuk mencapai sejutaKTP.

Dia juga menjelaskan, setelah mendaftar nanti Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memverifikasi KTP-KTP tgersebut, dan sangat mungkin terjadi kendala verifikasi di lapangan.

“Ini bisa menyebabkan banyak KTP yang dicoret oleh tim verifikasi. Sehingga jumlah KTP yang kita serahkan nanti, tidak akan sesuai dengan yang diakui oleh KPU. Dan jika jumlahnya yang dicoret banyak, sehingga  kurang dari syarat, Pak Ahok tidak akan bisa maju. Bahkan lewat partai sekalipun. Untuk itulah kita harus bekerja keras mencapai target, agar aman,” tandasnya.

Perjuangan ‘Teman Ahok’ yang berhasil mengumpulkan lebih dari setengah juta KTP tersebut patut diacungi jempol. Dan hebatnya, perolehan KTP untuk Ahok tersebut mengalahkan perolehan suara 10 parpol peserta Pemilu 2014 di DKI. Yakni, PPP sebesar 452.224 suara, PKS (424.400 suara), Golkar (376.221 suara), Partai Demokrat (360.929 suara), Hanura (357.006 suara), PKB (260.159 suara), Nasdem (206.117 suara), PAN (172.784 suara), PBB (60.759 suara), dan PKPI (42.217 suara).

Tinggal dua partai yang masih berada di atas perolehan KTP untuk Ahok, yakni Partai Gerindra (592.472 suara), dan PDI-P (1.231.843 suara).

‘Teman Ahok’ menargetkan Juli 2016 terkumpul sejuta KTP. Tampaknya perolehan KTP pada Juli 2016 bakal melebihi target, karena begitu tingginya animo masyarakat yang mendukung Ahok. Dan kemungkinan besar KTP untuk Ahok bakal melewati perolehan suara PDI-P.

Ahok semula kader Partai Gerindra, lalu angkat kaki dari partai besutan Prabowo itu pada 2014. Pasalnya, mantan Bupati Belitung Timur ini tidak sejalan dengan keinginan Gerindra tentang Pilkada. Gerindra menginginkan Pilkada dipilih oleh DPRD, sementara Ahok berkeinginan Pilkada dipilih langsung oleh rakyat.

Setelah resmi keluar dari Gerindra, Ahok memutuskan tidak bergabung dengan partai politik apa pun. Selain itu, ia juga memutuskan akan berkompetisi sebagai calon gubernur di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen atau perseorangan.

Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya mengubah aturan persyaratan pencalonan kepala daerah bagi calon perseorangan. MK mengatur bahwa syarat dukungan calon perseorangan harus menggunakan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilu sebelumnya, bukan jumlah keseluruhan masyarakat di suatu daerah. Untuk Provinsi DKI Jakarta, syarat minimalnya adalah 532.000 KTP. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.